A.    Identitas
Nama         : Ervina Agustin
NPM         :15320042
Prodi         : Pendidikan Biologi (B)
Semester    : 3
Mata Kuliah : Telaah Biologi
Dosen pengampu : Agil Lepiyanto, M. Pd.
Pertemuan ke : 2

B.     Pengantar
Bissmillahirrohmannirrohim
Assalamualaikum,wr wb
      Dengan mengucap syukur Alhamdulillah atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat karunianya kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan hasil lringkasan materi Telaah Biologi SMP
      Penyusun ringkasan materi ini adalah sebagai bukti bahwa saya telah melaksanakan dan menyelesaikan tugas ringkasan materi Telaah Biologi SMP pertekuan ke-2
      Saya menyadari bahwan penyusunan jurnal ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangundarin pembaca sangat saya harapkan.
      Harapan saya semoga penyusun jurnal yang memuat pengetahuan yang didapat selama pertemuan ke-2 mata kuliah Telaah Biologi SMP bermanfaat bagi pembaca.
Wassalamualaikum, wr wb

C.     Subtansi Kajian
1) Telaah Biologi SMP
2) unsur Hakikat IPA
3) Ruang Lingkup Mata Pelejaran IPA SMP seacara umum

D.    Review Pembelajaran
Struktur kurikulum ?
Struktur kurikulum adalah pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran

TELAAAH BIOLOGI SMP
Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Dari pengertian Pendidikan IPA diatas ada 4 unsur Hakikat IPA, diantaranya :



1)      Sikap
perasaan, pikiran, dan kecenderungan seseorang yang kurang lebih bersifat permanen mengenal aspek-aspek tertentu dalam lingkungannya.
2)      Aplikasi
Adalah penerapan metode ilmiah dan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari.
3)      Produk
Adalah berupa fakta,prinsip, teori, dan hukum yang dihasilkan dari pengaplikasian
4)      Proses
Adalah prosedur pemecahan masalah melalui metode ilmiah, meliputi penyusunan hipotesis, perancangan eksperimen, evaluasi, pengukuran, dan penarikan kesimpulan.
Keempat unsure diatas merupakan cirri IPA yang utuh yang sebenarnya tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Dalam proses pembelajaran IPA diharapkan dapat muncul, sehingga peserta didik dapat mengalami proses pembelajaran secara utuh.

UNSUR HAKIKAT IPA:
·         Hakikat sebagai Proses
·         Hakikat sebagai Produk
·         Hakikat sebagai  Sikap Ilmiah
·         Bumi dan Alam Semesta 

RUANG LINGKUP MATA PELAJARAN IPA SMP SECARA UMUM

Substansi mata pelajar IPA  pada SMP/MTs merupakan IPA Terpadu. Yang dimaksud dengan IPA terpadu adalah Pengintegrasi antara dua atau lebih di bidang kajian IPA (Biologi,Kimia dan Fisika) secara tematik dalam satu pelajaran. Pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu dapat dilakukan oleh guru tunggal

E.     Kesimpulan
      Berdasarkan materi diatas mengenai Hakikat IPA, pada dasarnya Hakikat IPA merupakan ilmu pengetahuan tentang gejala alam yang dituangkan berupa fakta, konsep, prinsip dan hukum yang teruji kebenarannya dan menelaah materi-materi SMP.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe For Email Feed

Email_SubscriptionsSign up to receive breaking news

Pages

Popular Posts