A. Identitas
Nama
: Ervina Agustin
NPM :15320042
NPM :15320042
Prodi
: Pendidikan Biologi (B)
Semester
: 3
Mata Kuliah :
Telaah Biologi
Dosen pengampu
: Agil Lepiyanto, M. Pd.
Pertemuan ke : 2
B. Pengantar
Bissmillahirrohmannirrohim
Assalamualaikum,wr
wb
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah atas kehadirat Allah SWT yang telah
memberikan rahmat karunianya kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan
laporan hasil lringkasan materi Telaah Biologi SMP
Penyusun ringkasan materi ini adalah sebagai bukti bahwa saya telah
melaksanakan dan menyelesaikan tugas ringkasan materi Telaah Biologi SMP
pertekuan ke-2
Saya menyadari bahwan penyusunan jurnal ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk
itu kritik dan saran yang sifatnya membangundarin pembaca sangat saya harapkan.
Harapan saya semoga penyusun jurnal yang memuat pengetahuan yang didapat selama
pertemuan ke-2 mata kuliah Telaah Biologi SMP bermanfaat bagi pembaca.
Wassalamualaikum,
wr wb
C. Subtansi
Kajian
1) Telaah Biologi SMP
2) unsur Hakikat IPA
3) Ruang Lingkup Mata Pelejaran IPA SMP seacara umum
1) Telaah Biologi SMP
2) unsur Hakikat IPA
3) Ruang Lingkup Mata Pelejaran IPA SMP seacara umum
D. Review
Pembelajaran
Struktur
kurikulum ?
Struktur
kurikulum adalah pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh
peserta didik dalam kegiatan pembelajaran
TELAAAH BIOLOGI
SMP
Pendidikan IPA
diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri
sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam
menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Dari pengertian Pendidikan IPA
diatas ada 4 unsur Hakikat IPA, diantaranya :
1) Sikap
perasaan,
pikiran, dan kecenderungan seseorang yang kurang lebih bersifat permanen
mengenal aspek-aspek tertentu dalam lingkungannya.
2) Aplikasi
Adalah
penerapan metode ilmiah dan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari.
3) Produk
Adalah berupa fakta,prinsip,
teori, dan hukum yang dihasilkan dari pengaplikasian
4) Proses
Adalah prosedur
pemecahan masalah melalui metode ilmiah, meliputi penyusunan hipotesis,
perancangan eksperimen, evaluasi, pengukuran, dan penarikan kesimpulan.
Keempat unsure
diatas merupakan cirri IPA yang utuh yang sebenarnya tidak dapat dipisahkan
satu sama lain. Dalam proses pembelajaran IPA diharapkan dapat muncul, sehingga
peserta didik dapat mengalami proses pembelajaran secara utuh.
UNSUR HAKIKAT
IPA:
· Hakikat
sebagai Proses
· Hakikat
sebagai Produk
· Hakikat
sebagai Sikap Ilmiah
· Bumi
dan Alam Semesta
RUANG LINGKUP
MATA PELAJARAN IPA SMP SECARA UMUM
Substansi mata
pelajar IPA pada SMP/MTs merupakan IPA Terpadu. Yang dimaksud dengan IPA
terpadu adalah Pengintegrasi antara dua atau lebih di bidang kajian IPA
(Biologi,Kimia dan Fisika) secara tematik dalam satu pelajaran. Pelaksanaan
pembelajaran IPA terpadu dapat dilakukan oleh guru tunggal
E. Kesimpulan
Berdasarkan materi diatas mengenai Hakikat IPA, pada dasarnya Hakikat
IPA merupakan ilmu pengetahuan tentang gejala alam yang dituangkan berupa
fakta, konsep, prinsip dan hukum yang teruji kebenarannya dan menelaah
materi-materi SMP.