Jurnal Pertemuan Telaah Biologi SMP

A.    Identitas
Nama                          : Rio Dayu Saptaji
NPM                            :15320069
Prodi                            : Pendidikan Biologi B
Semester                    : 3
Pertemuan ke             : 2
Dosen Pengampu       : Agil Lepiyanto, M. Pd.


B.     Pengantar
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Dengan Mengucap Syukur Alhamdulillah atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat, Inayah, Taufik dan HidayahNya sehingga sehingga saya dapat menyelesaikan laporan hasill ringkasan materi Telaah Biologi SMP.
Semoga catatan ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca. Ringkasan materi ini adalah sebagai bukti bahwa saya telah melaksanakan dan menyelesaikan tugas ringkasan materi Telaah Biologi SMP pertemuan ke dua.
Saya menyadari bahwa Penyusunan Jurnal ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun dari pembaca sangat saya harapkan.
Harapan saya semoga penyusunan jurnal yang memuat pengetahuan yang didapat selama pertemuan ke dua mata kuliah Telaah Biologi SMP.
Wassalamua’laikum Wr.Wb

C.    Subtansi Kajian
1) Telaah Biologi SMP
2) Unsur Hakikat IPA
3) Ruang Lingkup Mata Pelajaran IPA SMP seacara umum


D.    Review Pembelajaran
Telaaah Biologi SMP
Ada 4 unsur Hakikat IPA, diantaranya :
 

Ø  Sikap
Adalah rasa ingin tahu tentang sesuatu benda, fenomena alam, makhluk hidup serta hubungan sebab akibat yang menimbulkan masalah baru yang dapat dipecahkan melalui prosedur yang benar.
Ø  Aplikasi
Adalah penerapan metode ilmiah dan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari.
Ø  Produk
Adalah berupa fakta,prinsip, teori, dan hokum.
Ø  Proses
Adalah prosedur pemecahan masalah melalui metode ilmiah, meliputi penyusunan hipotesis, perancangan eksperimen, evaluasi, pengukuran, dan penarikan kesimpulan.
Keempat unsur diatas merupakan cirri IPA yang utuh yang sebenarnya tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Dalam proses pembelajaran IPA diharapkan dapat muncul, sehingga peserta didik dapat mengalami proses pembelajaran secara utuh.
Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari.


Tujuan Mata Pelajaran Biologi SMP
      Biologi sebagai salah satu bagian dari mata pelajaran IPA di SMP bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
a)      Meningkatkan keyakinan terhadap kebesaraan Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya.
b)      Mengembangkan pemahaman tentang berbagai macam gejala alam, konsep dan prinsip IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
c)      Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif, dan kesadaraan terhadap adanya hubungan yang saling mempengaruhi lingkungan, masyarakat.
d)     Melaukukan inkuri ilmiahnuntuk menumbuuhkan kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak ilmiah serta berkomunikasi.
e)      Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga, dan nmelestarikan lingkungan serta sumber daya alam.
f)       Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
g)      Meningkatkan pengetahuan, konsep, dan ketrampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.


Ruang Lingkup Mata Pelejaran IPA SMP seacara umum diantarnya, yaitu :
Menurut Depniknas (2006a) bahan kajian IPA untuk SMP merupakan kelanjutan bahan kajian IPA SD meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.      Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
2.      Materi dan Sifatnya
3.      Energi dan Perubahannya
4.      Bumi dan Alam Semesta 


E.     Kesimpulan
            Telah kita ketahui bahwa terdapat 4 hakikat IPA yaitu Sikap, Aplikasi, Produk, dan Proses. Ini berarti bahwa dalam pembelajaran IPA bukan hanya teori saja tapi peserta didik diharapkan dapat menerapkannya pada kehidupan, dan dapat menhasilkan sesuatu yang berharga dalam masyarakat (produk), proses didalam pelaksanaannya pun menjadi    acuan pembelajaran IPA.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe For Email Feed

Email_SubscriptionsSign up to receive breaking news

Pages

Popular Posts