A.    Identitas
Nama                  :Indah Meika Sari
NPM                   :15320045
Prodi                   : Pendidikan Biologi ( B )
Semester             : 3
Dosen Pengampu : Agil Lepiyanto,M.,Pd


B.     Pengantar
Bimillahirrahmahnirrahim,
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Dengan Mengucap Syukur Alhamdulillah atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat karunianya, kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan hasilb ringkasan materi Telaah Biologi SMP.
Penyusun ringkasan materi ini adalah sebagai bukti bahwa saya telah melaksanakan dan menyelesaikan tugas ringkasan materi Telaah Biologi SMP pertemuan ke dua.
Saya menyadari bahwa Penyusunan Jurnal ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun dari pembaca sangat saya harapkan.
Harapan saya semoga penyusunan jurnal yang memuat pengetahuan yang didapat selama pertemuan ke dua mata kuliah Telaah Biologi SMP.
Wassalamua’laikum Wr.Wb

C.     Subtansi Kajian
1) Telaah Biologi SMP
2) unsur Hakikat IPA
3) Ruang Lingkup Mata Pelejaran IPA SMP seacara umum

D.    Review Pembelajaran
TELAAH BIOLOGI SMP
Pendidikan IPA merupakan suatu bidang ilmu yang memiliki tujuan agar setiap siswa memiliki kepribadian yang baik dan dapat menerapkan sikap ilmiah serta dapat mengembangkan potensi yang ada dialam untuk dijadikan sumber ilmu dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kemajuan IPTEK juga sangat mempengaruhi perkembangan dalam pendidikan IPA di Indonesia.
Hakikat-hakikat pendidikan IPA                    :
1.      Sikap   : merupakan rasa ingin tahu tentang benda, fenomena alam, mkhluk hidup, serta hubungan sebab akibat yang menimbulkan masalah baru namun dapat dipecahkan melalui prosedur yang benar.
2.      Aplikasi: merupakan penerapan metode ilmiah dan konsep IPA.
3.      Produk            : merupakan fakta, prinsip, teori, dan hukum.
4.      Proses  : merupakan prosedur pemecahan masalah melalui metode ilmiah.

Keempat unsur itu merupakan ciri IPA yang sebenarnya tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Jadi IPA berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja. Tetapi, juga merupakan suatu proses penemuan.

Ruang Lingkup Materi IPA
Ruang lingkup mata pelajaran IPA di SMP menekankan pada pengamatan fenomena alam dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari,isu-isu fenomena alam terkait dengan kompetensi produktif dengan perluasan pada konsep abstrak yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1.      Makhluk hidup dan proses kehidupan
2.       Benda, zat, bahan dan sifatnya
3.      Energi dan Perubahannya
4.      Bumi dan alam semesta

E.     Kesimpulan
Pada intinya IPA merupakan ilmu pengetahuan tentang gejala alam yang dituangkan berupa fakta, konsep, prinsip dan hokum yang teruji kebenarannya dan melalui suatu rangkaian kegiatan dalam metode ilmiah.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe For Email Feed

Email_SubscriptionsSign up to receive breaking news

Pages

Popular Posts