A.
Identitas
Nama :Indah Meika Sari
NPM :15320045
NPM :15320045
Prodi : Pendidikan Biologi ( B )
Semester : 3
Dosen Pengampu : Agil Lepiyanto,M.,Pd
B.
Pengantar
Bimillahirrahmahnirrahim,
Assalamu’alaikum
Wr.Wb
Dengan
Mengucap Syukur Alhamdulillah atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan
rahmat karunianya, kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan hasilb
ringkasan materi Telaah Biologi SMP.
Penyusun
ringkasan materi ini adalah sebagai bukti bahwa saya telah melaksanakan dan
menyelesaikan tugas ringkasan materi Telaah Biologi SMP pertemuan ke dua.
Saya
menyadari bahwa Penyusunan Jurnal ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu
kritik dan saran yang sifatnya membangun dari pembaca sangat saya harapkan.
Harapan
saya semoga penyusunan jurnal yang memuat pengetahuan yang didapat selama
pertemuan ke dua mata kuliah Telaah Biologi SMP.
Wassalamua’laikum
Wr.Wb
C. Subtansi Kajian
1) Telaah Biologi SMP
2) unsur Hakikat IPA
3) Ruang Lingkup Mata Pelejaran IPA SMP seacara umum
1) Telaah Biologi SMP
2) unsur Hakikat IPA
3) Ruang Lingkup Mata Pelejaran IPA SMP seacara umum
D.
Review
Pembelajaran
TELAAH BIOLOGI SMP
Pendidikan
IPA merupakan suatu bidang ilmu yang memiliki tujuan agar setiap siswa memiliki
kepribadian yang baik dan dapat menerapkan sikap ilmiah serta dapat
mengembangkan potensi yang ada dialam untuk dijadikan sumber ilmu dan dapat
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kemajuan IPTEK juga sangat mempengaruhi
perkembangan dalam pendidikan IPA di Indonesia.
Hakikat-hakikat pendidikan IPA :
1. Sikap : merupakan rasa ingin tahu tentang benda,
fenomena alam, mkhluk hidup, serta hubungan sebab akibat yang menimbulkan
masalah baru namun dapat dipecahkan melalui prosedur yang benar.
2. Aplikasi:
merupakan penerapan metode ilmiah dan konsep IPA.
3. Produk : merupakan fakta, prinsip, teori,
dan hukum.
4. Proses : merupakan prosedur pemecahan masalah melalui
metode ilmiah.
Keempat unsur
itu merupakan ciri IPA yang sebenarnya tidak dapat dipisahkan satu sama lain.
Jadi IPA berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis,
sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa
fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja. Tetapi, juga merupakan
suatu proses penemuan.
Ruang
Lingkup Materi IPA
Ruang lingkup
mata pelajaran IPA di SMP menekankan pada pengamatan fenomena alam dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari,isu-isu fenomena alam terkait dengan
kompetensi produktif dengan perluasan pada konsep abstrak yang meliputi
aspek-aspek sebagai berikut :
1. Makhluk
hidup dan proses kehidupan
2. Benda, zat, bahan dan sifatnya
3. Energi
dan Perubahannya
4. Bumi
dan alam semesta
E.
Kesimpulan
Pada intinya IPA
merupakan ilmu pengetahuan tentang gejala alam yang dituangkan berupa fakta,
konsep, prinsip dan hokum yang teruji kebenarannya dan melalui suatu rangkaian
kegiatan dalam metode ilmiah.