A. IDENTITAS
NAMA : NADYA
AYUPRASTICA
NPM : 15320062
KELAS : BIOLOGI B
SEMESTER : 3
DOSEN PENGAMPU : Agil Lepiyanto,M,.Pd
B.
PENGANTAR
Bismillahirrahmanirahim
Asslamu’alaikum wr.wb
Dengan mengucap syukur Alhamduillah atas kehadirat Allah SWT
yang telah memberikan Rahmat karunianya, kepada saya sehingga saya dapat
menyelesaikan laporan hasil ringkasan materi Telaah Biologi SMP.
Penyusun ringkasan materi ini adlah sebagai bukti bahwa saya
telah meaksanakan dan menyelesaikan tugas ringkasan materi Telaah Biologi SMP
pertemuan ke-2.
Saya menyadari bahwa penyusunan jurnal ini masih jauh dari
kesempurnaan, untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun dari pembaca
sangat saya harapkan.
Harapan saya semoga peyusunan jurnal yang memuat pengetahuan
yang didapat selama pertemuan ke-2 Telaah Biologi SMP
Wa’alaikumsalam wr.wb.
C. SUBTANSI KAJIAN
1) Telaah Biologi SMP
2) unsur Hakikat IPA
3) Ruang Lingkup Mata Pelejaran IPA SMP seacara umum
1) Telaah Biologi SMP
2) unsur Hakikat IPA
3) Ruang Lingkup Mata Pelejaran IPA SMP seacara umum
D.
REVIEW
PEMBELAJARAN
TELAAH
BIOLOGI SMP
Dalam dunia pendidikan, khususnya
pendidikan IPA, diharapkan mampu membuat peserta didik lebih menyukai atau
dapat menjadi wahana peserta didik saat mempelajari ilmu alam sekitar ini.
Karakter itu sendiri merupakan sikap pribadi yang stabil. Karakter peserta
didik itu berbeda-beda sesuai dengan kepribadian masing-masing peserta didik.
Ruang
lingkup karakter terbagi menjadi 4 salah
satunya yaitu olah pikir, dimana ola pikir peserta didik itu berbeda-beda
sesuai dengan kemampuan anak, ada yang cepat nangkap adapula yang lemah dalam
menangkap materi pelajaran. Banyak sebab mengapa si anak itu sulit menangkap
materi pelajaran, salah satunya yaitu lemahnya daya ingat si peserta didik.
Adapula
ruang lingkup mata pelajaran IPA SMP menurut Depniknas (2006a) yang menyatakan
bahwa bahan kajian IPA untuk SMP merupakan kelanjutan bahan kajian IPA SD yang meliputi beberapa aspek yaitu : makhluk
hidup dan proses kehidupan, materi dan sifatnya, energi dan perubahannya, bumi
dan alam semesta.
Dalam
pendidikan IPA terdapat 4 unsur hakikat IPA di antaranya yaitu sikap, aplikasi,
produk, proses.
1.
Sikap
yaitu rasa ingin tahu seseorang terhadap sesuatu hal yang dapat menimbulkan
masalah baru.
2.
Proses
yaitu prosedur pemecahan masalah yang di lakukan dengan cara bereksperimen atau
metode ilmiah.
3.
Produk
yaitu berisikan teori, hukum, fakta, prinsip.
4.
Aplikasi
yaitu suatu penerapan metode ilmiah dan konsep IPA yang di terapkan di
kehidupan sehari-hari.
E.
KESIMPULAN
Kesimpulan dari materi di atas yaitu dalam pendidikan
IPA harus tercipta suatu kepribadian yang baik dan setiap siswa harus bisa
menerapkan sikap ilmiah. Selain siswa, pendidik
pun harus bisa memahami setiap karakter siswa. Pendidikan memiliki unsur-unsur
hakikat yaitu aplikasi,
proses, produk dan sikap.
Unsur-unsur tersebut saling berkaitan satu sama lain yang tidak dapat
dipisahkan. Dalam
materi IPA SMP terdapat ruang lingkup materi IPA dimana peserta
didik ditekankan
pada pengamatan fenomena alam dan penerapannya dilingkungan sehari-hari.