A.    IDENTITAS
NAMA                 : NADYA AYUPRASTICA
NPM                    : 15320062
KELAS                : BIOLOGI B
SEMESTER         : 3
DOSEN PENGAMPU : Agil Lepiyanto,M,.Pd

B.     PENGANTAR
Bismillahirrahmanirahim
Asslamu’alaikum wr.wb
      Dengan mengucap syukur Alhamduillah atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat karunianya, kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan hasil ringkasan materi Telaah Biologi SMP.
      Penyusun ringkasan materi ini adlah sebagai bukti bahwa saya telah meaksanakan dan menyelesaikan tugas ringkasan materi Telaah Biologi SMP pertemuan ke-2.
      Saya menyadari bahwa penyusunan jurnal ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun dari pembaca sangat saya harapkan.
      Harapan saya semoga peyusunan jurnal yang memuat pengetahuan yang didapat selama pertemuan ke-2 Telaah Biologi SMP
Wa’alaikumsalam wr.wb.

C.    SUBTANSI KAJIAN
1) Telaah Biologi SMP
2) unsur Hakikat IPA
3) Ruang Lingkup Mata Pelejaran IPA SMP seacara umum

D.    REVIEW PEMBELAJARAN
                                
TELAAH BIOLOGI SMP

            Dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan IPA, diharapkan mampu membuat peserta didik lebih menyukai atau dapat menjadi wahana peserta didik saat mempelajari ilmu alam sekitar ini. Karakter itu sendiri merupakan sikap pribadi yang stabil. Karakter peserta didik itu berbeda-beda sesuai dengan kepribadian masing-masing peserta didik.
Ruang lingkup karakter terbagi menjadi  4 salah satunya yaitu olah pikir, dimana ola pikir peserta didik itu berbeda-beda sesuai dengan kemampuan anak, ada yang cepat nangkap adapula yang lemah dalam menangkap materi pelajaran. Banyak sebab mengapa si anak itu sulit menangkap materi pelajaran, salah satunya yaitu lemahnya daya ingat si peserta  didik.
Adapula ruang lingkup mata pelajaran IPA SMP menurut Depniknas (2006a) yang menyatakan bahwa bahan kajian IPA untuk SMP merupakan kelanjutan bahan kajian IPA SD  yang meliputi beberapa aspek yaitu : makhluk hidup dan proses kehidupan, materi dan sifatnya, energi dan perubahannya, bumi dan alam semesta.
Dalam pendidikan IPA terdapat 4 unsur hakikat IPA di antaranya yaitu sikap, aplikasi, produk, proses.
1.      Sikap yaitu rasa ingin tahu seseorang terhadap sesuatu hal yang dapat menimbulkan masalah baru.
2.      Proses yaitu prosedur pemecahan masalah yang di lakukan dengan cara bereksperimen atau metode ilmiah.
3.      Produk yaitu berisikan teori, hukum, fakta, prinsip.
4.      Aplikasi yaitu suatu penerapan metode ilmiah dan konsep IPA yang di terapkan di kehidupan sehari-hari.


E.     KESIMPULAN

Kesimpulan dari materi di atas yaitu dalam pendidikan IPA harus tercipta suatu kepribadian yang baik dan setiap siswa harus bisa menerapkan sikap ilmiah. Selain siswa, pendidik  pun harus bisa memahami setiap karakter siswa. Pendidikan memiliki unsur-unsur hakikat yaitu aplikasi, proses, produk dan sikap. Unsur-unsur tersebut saling berkaitan satu sama lain yang tidak dapat dipisahkan. Dalam materi IPA SMP  terdapat ruang lingkup materi IPA dimana peserta didik ditekankan pada pengamatan fenomena alam dan penerapannya dilingkungan sehari-hari.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe For Email Feed

Email_SubscriptionsSign up to receive breaking news

Pages

Popular Posts