A.        Identitas
Nama                             : ajeng ayu srigati
Npm                               : 15320067
Prodi                              : Pendidikan Biologi (B)
Semester                       : 3 (tiga)
Dosen pengampu          : Agil lepiyanto,M.Pd.

B.        Kata pengantar

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Dengan mengucap syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat karunianya kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan hasil ringkasan materi Telaah Biologi SMP.
Penyusun ringkasan materi ini adalah sebagai bukti bahwa saya telah melaksanakan dan menyelesaikan tugas ringkasan materi pertemuan ke dua.
Saya menyadari bahwa penyusunan Jurnal ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun dari pembaca sangat ssaya harapkan.
Harapan saya semoga penyusunan jurnal yang memuat pengetahuan yang didapat selama pertemuan kedua pada mata kuliah Telaah Biologi SMP.
Wassalamu’alaikum

C.        Substansi Kajian
  • ·         Ruang lingkup pendidikan karakter
  • ·         Hakikat IPA

D.        Review Pembelajaran

TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL

1.    Menata pola pikir dan tata kelola
2.    Pendalaman dan perluasan materi
3.    Penguatan prosess
4.    Penyesuaian beban

Keseimbangan antara sikap, keterampilan dan pengetahuan untuk membangun soft skills dan hard skill. Pada bidang pendidikan menuntut capaian-capaian sesuai dengan kemampuan peserta didik dan sesuai dengan tingkatan masing-masing. Tujuannya untuk membentuk karakter siswa.

Menurut Khan (2010:1) karakter adalah sikap pribadi yang stabil hasil dari proses konsolidasi secara progresif dan dinamis, intregrasi pernyataan dan tindakan.

Ruang lingkup pendidikan karakter  :

a. Olah pikir

mencakup kecerdasan, kritis, kreatif, inofatif, ingin tahu, berfikir terbuka, produktif, berorientasiiptek dan reflektif. 
b. Olah rasa

c    c. Olah hati
mencakup keimanann dan ketakwaan, jujur, amanah, adil, bertanggung jawab, berempati, berani  mengambil resiko.
d   d. Olah raga
mencakup kesehatan, kebersihan dll.

Hakikat IPA meliputi 4 unsur utama yang meliputi :

1.    Sikap
Maksudnya adalah dalam proses IPA  mengandung cara kerja, sikap dan cara berfikir. Dalam memecahkan masalah ataupun persoalan, seseorang berusaha mengambil sikap tertentu yang memungkinkan usaha  mencapai hasil yang diharapkan. Sikap ini dinamakan sikap ilmiah.

2.    Aplikasi
IPA sebagai aplikasi adalah penerapan atau pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari.

3.    Proses
IPA sebagai proses adalah strategi atau cara yang dilakukan para ahli dalam menemukan berbagai hal tersebut sebagai implikasi adanya temuan-temuan tentang kejadian-kejadian atau peristiwa-peristiwa alam. Jadi dalam prosesnya kita bisa berfikir dalam memecahkan masalah yang dilingkungan.

4.    Produk
IPA sebagai produk adalah kumpulann hasil kegiatan dari para ahli sejak berabad-abad, yang menghasilkan berupa fakta, data, konsep, prinsip, dan teori-teori. Misalnya pernyataan tentang benda yang benar-benar ada ataupun peristiwa-peristiwa yang benar-benar terjadi dan sudah dikonfirmasi atau bisa disebut sesuatu yang dapat dibukktikan kebenarannya.

E.        Kesimpulan
Hakikat sebagai sikap, aplikasi, produk dan proses tidak bisa dibedakan ataupun dipisahkan, karena mempunyai hubungan terikat satu dengan yang lainnya dalam melakukan kegiatan ilmiah. Dapat disimpullkan bahwa kegiatan-kegiatan ini dilakukan untuk menemukan dan menanamkan pemahaman konsep-konsep baru dan mengaplikasikannya untuk memecahkan masalah-masalah yang ditemukan atau dialami oleh siswa-siswi didalam kehidupan sehari-hari.

Share this

Related Posts

First

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe For Email Feed

Email_SubscriptionsSign up to receive breaking news

Pages

Popular Posts