A.
Identitas
Nama :
ajeng ayu srigati
Npm : 15320067
Prodi : Pendidikan Biologi (B)
Semester : 3 (tiga)
Dosen pengampu : Agil lepiyanto,M.Pd.
B.
Kata pengantar
Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Dengan mengucap syukur kehadirat Allah
SWT yang telah memberikan rahmat karunianya kepada saya sehingga saya dapat
menyelesaikan laporan hasil ringkasan materi Telaah Biologi SMP.
Penyusun ringkasan materi ini adalah
sebagai bukti bahwa saya telah melaksanakan dan menyelesaikan tugas ringkasan
materi pertemuan ke dua.
Saya menyadari bahwa penyusunan Jurnal
ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu kritik dan saran yang sifatnya
membangun dari pembaca sangat ssaya harapkan.
Harapan saya semoga penyusunan jurnal
yang memuat pengetahuan yang didapat selama pertemuan kedua pada mata kuliah
Telaah Biologi SMP.
Wassalamu’alaikum
C.
Substansi Kajian
- · Ruang lingkup pendidikan karakter
- · Hakikat IPA
D.
Review Pembelajaran
TUJUAN
PENDIDIKAN NASIONAL
1. Menata pola pikir dan tata kelola
2. Pendalaman dan perluasan materi
3. Penguatan prosess
4. Penyesuaian beban
Keseimbangan
antara sikap, keterampilan dan pengetahuan untuk membangun soft skills dan hard
skill. Pada bidang pendidikan menuntut capaian-capaian sesuai dengan kemampuan
peserta didik dan sesuai dengan tingkatan masing-masing. Tujuannya untuk
membentuk karakter siswa.
Menurut
Khan (2010:1) karakter adalah sikap pribadi yang stabil hasil dari proses
konsolidasi secara progresif dan dinamis, intregrasi pernyataan dan tindakan.
Ruang lingkup pendidikan
karakter :
mencakup kecerdasan, kritis, kreatif,
inofatif, ingin tahu, berfikir terbuka, produktif, berorientasiiptek dan
reflektif.
b. Olah rasa
c c. Olah hati
mencakup keimanann dan ketakwaan,
jujur, amanah, adil, bertanggung jawab, berempati, berani mengambil resiko.
d d. Olah raga
mencakup kesehatan, kebersihan dll.
Hakikat IPA meliputi 4
unsur utama yang meliputi :
1. Sikap
Maksudnya adalah dalam proses IPA mengandung cara kerja, sikap dan cara
berfikir. Dalam memecahkan masalah ataupun persoalan, seseorang berusaha
mengambil sikap tertentu yang memungkinkan usaha mencapai hasil yang diharapkan. Sikap ini
dinamakan sikap ilmiah.
2. Aplikasi
IPA sebagai aplikasi adalah penerapan
atau pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari.
3. Proses
IPA sebagai proses adalah strategi
atau cara yang dilakukan para ahli dalam menemukan berbagai hal tersebut
sebagai implikasi adanya temuan-temuan tentang kejadian-kejadian atau
peristiwa-peristiwa alam. Jadi dalam prosesnya kita bisa berfikir dalam
memecahkan masalah yang dilingkungan.
4. Produk
IPA sebagai produk adalah kumpulann
hasil kegiatan dari para ahli sejak berabad-abad, yang menghasilkan berupa
fakta, data, konsep, prinsip, dan teori-teori. Misalnya pernyataan tentang
benda yang benar-benar ada ataupun peristiwa-peristiwa yang benar-benar terjadi
dan sudah dikonfirmasi atau bisa disebut sesuatu yang dapat dibukktikan
kebenarannya.
E.
Kesimpulan
Hakikat
sebagai sikap, aplikasi, produk dan proses tidak bisa dibedakan ataupun
dipisahkan, karena mempunyai hubungan terikat satu dengan yang lainnya dalam
melakukan kegiatan ilmiah. Dapat disimpullkan bahwa kegiatan-kegiatan ini
dilakukan untuk menemukan dan menanamkan pemahaman konsep-konsep baru dan
mengaplikasikannya untuk memecahkan masalah-masalah yang ditemukan atau dialami
oleh siswa-siswi didalam kehidupan sehari-hari.