Sistem Peredaran Manusia dan Transpor pada Tumbuhan

Nama                          :  Ervina Agustin
NPM                           :  15320042
Prodi                           :  Pendidikan Biologi B
Semester                     :  3
Dosen Pengampu        : Agil Lepiyanto, M. Pd.
Pertemuan ke-             : 8

Jurnal Telaah Biologi SMP
   A.    .PENGANTAR
            Puji syukur saya ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat, Taufik, Hidayah serta kekuatan kepada saya sampai saat ini, sehingga saya dapat menyelesaikan jurnal mata kuliah “Telaah Biologi SMP”.
Penyusunan ringkasan materi ini adalah sebagai bukti bahwa saya telah menyelesaikan tugas ringkasan materi Telaah Biologi SMP pertemuan ke-8 yang diampu oleh bapak Dr. Mufahroyin M.Ta dan bapak Agil Lepiyanto ,M.Pd.
Saya menyadari masih banyak kekurangan dan kesalahan dalam penyusunan jurnal ini.Dan saya mengharapkan semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca umumnya dan bagi saya.

   B.     SUBSTANSI
1.      Darah
2.      Alat peredaran darah
3.      Gangguan pada Sistem Peredaran darah
4.      Sistem Transportasi pada Tumbuhan

   C.     .REVIEW PEMBELAJARAN
1.      Darah

Darah adalah cairan yang terdapat pada semua hewan tingkat tinggi yang berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme, dan juga sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri.
Sistem peredaran darah ada 2 yaitu:
1.Sistem peredaran darah besar
Sistem peredaran darah besar yaitu peredaran darah yang mengalirkan darah yang kaya oksigen dari bilik (Ventrikel)kiri jantung lalu di edarkan ke seluruh tubuh.Oksigen bertukar dengan karbondioksida dalam jaringan tubuh. Setelah itu darah yang kaya karbondioksida dibawa melalui vena menuju serambi kanan (atrium) jantung.
2.Sistem peredaran darah kecil
Sistem peredaran darah kecil adalah peredaran darah yang mengalirkan darah dari jantung paru-paru dan kembali lagi ke jantung. Darah yang kaya karbon dioksida dari bilik kanan dialirkan ke paru-paru melalui arteri pulmonalis, di alveolus paru-paru darah tersebut bertukar dengan darah yang kaya akan oksigen yang selanjutnya akan di alirkan ke serambi kiri jantung melalui vena pulmonalis.


.
2.      Alat Peredaran Darah
a)      Jantung
Jantung terletak dalam rongga dada agak sebelah kiri, di antara paru-paru kanan dan paru-paru kiri.Massanya kurang lebih 300 gram, besarnya sebesar kepalan tangan.Jantung dipisahkan oleh sebuah lapisan otot menjadi dua belah bagian, dari atas ke bawah, menjadi dua pompa.Kedua pompa ini sejak lahir tidak pernah tersambung.Belahan ini terdiri dari dua rongga yang dipisahkan oleh dinding jantung.Maka dapat disimpulkan bahwa jantung terdiri dari empat rongga yakni serambi kanan dan kiri dan bilik kanan dan kiri. Organ jantung itu sendiri terdiri dari 3 lapisan yaitu : lapisan luar (epikardium), lapisan tengah (Miokardium), dan lapisan dalam (endokardium). Jantung memiliki katup yang berfungsi menjaga aliran darah tetap searah.Jantung mempunyai 2 katub.Pertama, katub jantung yang menghubungkan antara atrium dengan ventrikel.Katub ini dinamakan katub atrioventrikuler.Kedua, katub yang menghubungkan sirkulasi pulmonal dan sirkulasi sistemik.Katub kedua ini dinamakan dengan katub semilunar.
b)      Atrium
Menerima darah, yang oksigennya telah didistribusikan ke jaringan tubuh dalam pertukaran dengan bahan limbah CO2 dan jaringan lainnya. Darah dari tubuh bagian atas disuplai dari vena cava superior, sedangkan vena cava inferior memasok serambi kanan dengan darah dari tubuh bagian bawah.
c)      Ventrikel
Kemampuan untuk memompa darah adalah perbedaan lain antara Atrium dan ventrikel. Ventrikel memiliki dinding tebal, yang membantu mereka berkontraksi, memompa darah ke dalam dan keluar dari jantung.Ventrikel kanan menerima darah terdeoksigenasi dari atrium kanan dan memompa ke dalam paru untuk pemurnian. Diantara kedua lapisan ini terdapat cairan perikardium sebayak 50 cc yang berfungsi sebagai pelumas saat jantung berkontraksi sehingga tidak menimbulkan gesekan pada 2 lapisan tersebut. . Secara garis besar katup jantung manusia terbagi menjadi dua (2) bagian.
d)     Pembuluh darah
Pembuluh darah adalah bagian dari sistem sirkulasi dan berfungsi mengalirkan darah ke seluruh tubuh.Jenis-jenis yang paling penting, arteri dan vena, juga disebut demikian karena mereka membawa darah keluar atau masuk ke jantung.Pembuluh darah berfungsi untuk membantu jantung mengedarkan sel darah merah atau eritrosit ke seluruh tubuh dan mengedarkan sari makanan, oksigen serta membawa keluar karbon dioksida.Pembuluh darah terbagi menjadi dua, yakni pembuluh darah nadi (arteri) dan Pembuluh darah balik (vena). Pembuluh nadi atau arteri adalah pembuluh  darah berotot yang membawa darah dari jantung. Tujuannya adalah sistemik tubuh, kecuali pulmonalis yang membawa darah menuju paru untuk dibersihkan dan mengikat oksigen.Pembuluh balik atau vena adalah pembuluh yang membawa darah menuju jantung serta banyak mengandung karbon dioksida.

3.      Gangguan pada Sistem Peredaran Darah

Beberapa gangguan pada jantung dan pembuluh darah.


·Anemia (kekurangan darah), dapat disebabkan oleh luka yang mengeluarkan banyak darah, kekurangan zat besi, atau adanya penyakit seperti kanker tulang.
·Hipertensi (tekanan darah tinggi), ditunjukkan dengan tingginya tekanan darah. Besar kecilnya tekanan darah seseorang dapat diukur menggunakan tensimeter.
·Penyakit jantung koroner, terjadi karena adanya penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh arteri koroner sehingga menyumbatnya.
·Stroke, disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak sehingga saraf-saraf yang ada di otak tidak memperoleh cukup oksigen. Keadaan ini menyebabkan kerja saraf terganggu.
4.      Jaringan Transportasi pada Tumbuhan

Transportasi pada tumbuhan mutlak diperlukan dalam proses pemenuhan nutrisi pada tumbuhan dengan cara pengambilan sari makanan dari tanah dan proses pendistribusian hasil fotosintesis ke seluruh bagian tumbuhan. Dua jaringan yang sangat berperan penting dalam transportasi tumbuhan adalah xylem dan floem yang berada pada setiap bagian tumbuhan baik akar, batang maupun di daun. Dengan tercukupinya kebutuhan tumbuhan akan nutrisi berdampak terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang optimal.

Jenis Transportasi pada Tumbuhan:
1.      Transportasi ektravaskuler
2.      Transportasi intravaskuler

Penyerapan Cairan oleh Tumbuhan:
1.            Imbibisi
2.            Diffusi
3.            Osmosis
4.            Transport aktif
Pengeluaran Cairan oleh Tumbuhan:
1.            Transpirasi
2.            Gutasi
3.            Perdarahan

   D.     KESIMPULAN
Darah adalah cairan yang terdapat pada semua hewan tingkat tinggi yang berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme, dan juga sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri. Alat-alat peredaran darah pada manusia meliputi: jantung, antrium, ventrikel, pembuluh darah.
Beberapa gangguan pada jantung dan pembuluh darah seperti pelebaran pembuluh darah, anemia, hipertensi, stroke.Jaringan transportasi tumbuhan berupa xylem dan floem.Jenis transportasinya ada 2 yaitu transportasi intravaskuler dan ekstravaskuler. Mekanisme proses penyerapan dapat belangsung karena adanya proses imbibisi, difusi, osmosis dan transpor aktif. Tumbuhan mengeluarkan cairan dari tubuhnya melalui 3 proses, yaitu transpirasi, gutasi dan pendarahan.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe For Email Feed

Email_SubscriptionsSign up to receive breaking news

Pages

Popular Posts