Sistem Pencernaan dan Pernapasan Pada Manusia

Sistem Pencernaan dan Pernapasan Pada Manusia


Nama                          :  Rio Dayu Saptaji
NPM                           :  15320069
Prodi                           : Pendidikan Biologi B
Semester                     :  3
Dosen Pengampu         :  Agil Lepiyanto, M. Pd.
Pertemuan ke-             : 7

  A.    PENGANTAR
            Puji syukur kehadirat Alloh SWT, berkat rahmat dan karunia-Nya, kepada saya sehingga saya  dapat menyelesaikan jurnal “Telaah Biologi SMP”yang dibuat untuk memenuhi tugas matakuliah Telaah Biologi SMP yang diampu Bapak Agil Lepiyanto, M. Pd. Jurnal ini berisi penjelasan Sistem Pencernaan dan Pernapasan Pada Manusia
            Saya  menyadari bahwa jurnal ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua fihak yang bersifat membangun selalu saya  harapkan demi kesempurnaan jurnal ini.
            Akhir kata, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan jurnal ini dari awal sampai akhir. Semoga jurnal ini mampu menambah ilmu bagi pembaca.

  B.     SUBSTANSI
1.      Prose pencernaan pada manusia
2.      Kelenjar pencernaan pasa manusia
3.      Saluran pencernaan pada manusia
4.      Gangguan pada Sistem pencernaan
5.      Organ-organ pernapasan pada manusia
6.      Proses pernapasan Manusia
7.      Kapasitas paru-paru
8.      Gangguan pada sistem pernapasan


  C.     REVIEW PEMBELAJARAN
1     .      Proses Pencernaan pada Manusia
Pencernaan makanan merupakan proses mengubah makanan dari ukuran besar menjadi ukuran yang lebih kecil dan halus, serta memecah molekul makanan yang kompleks menjadi molekul yang sederhana dengan menggunakan enzim dan organ-organ pencernaan. Enzim ini dihasilkan oleh organ-organ pencernaan dan jenisnya tergantung dari bahan makanan yang akan dicerna oleh tubuh.
Proses pencernaan makanan dibagi menjadi 2
·         Proses pencernaan secara mekanik
·         Proses pencernaan secara mekanik
2     .      Kelenjar Pencernaan pada Manusia
Kelenjar pencernaan merupakan bagian dari sistem pencernaan yang menghasilkan enzim untuk mencerna makanan,kelenjar pencernaan terdiri dari kelenjar ludah,hati, dan kelenjar pankreas.pankreas menghasilkan sejumlah enzim:
a.     Amilase, enzim ini berfungsi untuk merombak amilum menjadi glukosa
b.    Lipase, enzim ini berfungsi untuk merombak lipid atau lemak menjadi asam lemak dan gliserol.
c.     Tripsin enzim ini berfungsi merombak protein menjadi asam amino.
3     .      Saluran Pencernaan Manusia
Saluran pencernaan makanan merupakan saluran yang menerima makanan dariluar dan mempersiapkannya untuk diserap oleh tubuh dengan jalan proses pencernaan (penguyahan, penelanan, dan pencampuran) dengan enzim zat cair yang terbentang mulai dari mulut sampai anus. Saluran pencernaan makanan pada manusia terdiri dari beberapa organ berturut-turut dimulai dari
·         Mulut terdiri dari Gigi, Lidah, Kelenjar ludah
·         Kerongkongan
·         Lambung
·         Usus Halus
·         Usus Besar
·         Anus

                                               Image result for sistem pencernaan


4     .      Gangguan pada Sistem Pencernaan
·         Maag
·         Sembelit
·         Diare
·         Muntah, dll
5     .      Organ-organ Penapasan Manusia
a)      Rongga Hidung : Hidung adalah bagian yang paling menonjol di wajah, yang berfungsi menghirup udara pernapasan, menyaring udara, menghangatkan udara pernapasan, juga berperan dalam resonansi suara.
b)      Faring : Merupakan persimpangan jalan masuk udara dan makanan. Faring merupakan persimpangan antara rongga mulut ke kerongkongan dengan hidung ke tenggorokan.
c)      Laring : Laring disebut juga pangkal tenggorok atau kotak suara. Pada waktu menelan makanan, epiglotis melipat ke bawah menutupi laringsehingga makanan tidak dapat masuk dalam laring. Sementara itu, ketika bernapas epiglotis akan membuka. Pada pangkal tenggorok terdapat selaput suara atau lebih dikenal dengan pita suara
d)     Trakea : batang tenggorokan tuba yang panjangnya kira-kira 9 cm.
e)      Bronkus dan Brankiolus : Bronkus merupakan saluran yang menghubungkan paru-paru dengan trakea ada 2 cabang yaitu bronkus kanan dan bronkus kiri. Bronkus yang ke arah kiri lebih panjang, sempit, dan mendatar dari pada yang kearah kanan. . Bronkiolus merupakan cabang dari bronkus. Bronkiolus bercabang-cabang menjadi saluran yang semakin halus, kecil, dan dindingnya semakin tipis.
f)       Alveolus : Alveolus adalah saluran akhir dari alat pernapasan yang berbentuk bola-bola mungil atau gelembung-gelembung udara yang sangat tipis. Dindingnya tipis, lembap, dan diselimuti oleh pembuluh kapiler darah.
g)      Paru-paru : Paru-paru terletak di dalam rongga dada bagian atas, di bagian samping dibatasi oleh otot dan rusuk dan di bagian bawah dibatasi oleh diafragma yang berotot kuat. Paru-paru ada dua bagian yaitu:
1)    Paru-paru kanan (pulmo dekster) yang terdiri atas 3 lobus.
2)    Paru-paru kiri (pulmo sinister) yang terdiri atas 2 lobus.
6     .      Proses Pernapasan Manusia
Proses penapasan terdiri atas dua kegiatan, yaitu menghirup udara atau menarik napas (inspirasi) dan menghembuskan udara atau mengeluarkaekspirasin napas (ekspirasi).
·         Pernapasan dada
·         Pernapasan perut
                                          Image result for sistem pernapasan pada manusia

7     .      Kapasitas paru-paru
Volume udara tidal orang dewasa pada pernapasan biasa kira-kira 500 mL.Jika kamu menarik napas dalam-dalam maka volume udara yang dapat kita tarik mencapai 1500 mL. Udara ini dinamakan udara komplementer. Jika kamu mengembuskan napas sekuat-kuatnya, volume udara yang dapat diembus-kan juga sekitar 1500 mL. Udara ini dinamakan udara suplementer.
8     .      Gangguan Sistem Pernapasan
·         Emfisema
·         Asma
·         Kanker paru-paru
·         TBC

  D.     KESIMPULAN


Sistem   pencernaan   pada manusia   adalah merupakan   proses   perubahan   atau   pemecahan   zat   makanan   dari   molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana dengan menggunakan enzyme dan organ-ogran pencernaan. Proses pencernaan terbagi menjadi 2, yaitu secara mekanik dan kimiawi. Secara mekanik terjadi di mulut menggunakan gigi dan lidah sedangkan kimia terjadi di dalam perut menggunakan enzim. Sistem pernafasan adalah suatu proses manusia menghirup oksigen dan mengeluarkan Karbondioksida yang ada di dalam tubuh .

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe For Email Feed

Email_SubscriptionsSign up to receive breaking news

Pages

Popular Posts