A.     IDENTITAS
NAMA : Nadya Ayu Prastica
NPM    : 15320062
PRODI : Pendidikan Biologi B
MATA KULIAH : Telaah Biologi SMP

B.     KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirahim
Assalamualaikum wr.wb
Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat serta hidayah-Nya terutama nikmat kesempatan dan kesehatan sehingga penulis dapat menyelesaikan jurnal mata kuliah “Telaah Biologi SMP”. Kemudian shalawat beserta salam kita sampaikan kepada Nabi besar kita Muhammad SAW yang telah memberikan pedoman hidup yakni al-qur’an dan sunnah untuk keselamatan umat di dunia.
Tujuan penyusun ringkasan materi ini adalah sebagai bukti bahwa saya telah melaksanakan dan menyelesaikan tugas ringkasan materi Telaah Biologi SMP pertemuan ke lima yang diampu oleh dosen bapak Dr.Muhfahroyin, S.Pd., M.T.A dan bapak Agil Lepiyanto, S.Pd., M.Pd. Jurnal ini merupakan salah satu tugas mata kuliah Telaah Biologi SMP di program studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro. Selanjutnya penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pihak yang telah memberikan bimbingan serta arahan selama penulisan jurnal ini.
Akhirnya penulis menyadari bahwa banyak terdapat kekurangan-kekurangan dalam penulisan jurnal ini, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Wa’alaikumsalam wr.wb.
C.     Metro, 18 Oktober 2016

D.     SUBTANSI KAJIAN
 1) Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan
 2) Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
 3) Proses Pertumbuhan dan Perkembangan
 4) Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
 5) Metamorfosis dan Metagenesisi Pada Makhluk Hidup      



E.      REVIEW PEMBELAJARAN
Pertumbuhan dan perkembangan termasuk kedalam K13 kelas VIII semester 1:
Standar kompetensi
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi Dasar
1.1 Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada mahkluk hidup.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan mahluk
2.      Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
3.      Membandingkan metamorfosis dan metagenesis.
1. Pengertian pertumbuhan dan perkembangan
Pertumbuhanadalah proses kenaikan volume yang bersifat irrevesibel (tidak dapat balik), dan terjadi karna adanya pertambahan jumlah sel dan pembesaran pada tiap-tiap sel. Pada proses pertumbuhan biasa disertai dengan terjadinya perubahan bentuk. Pertumbuhan dapat diukur dan di nyatakan secara kuantitatif. Perkembangan adalah proses menuju dewasa. Proses perkembangan berjalan sejajar dengan pertumbuhan. Berbeda dengan pertumbuhan, perkembangan dapat diukur. Dengan kata lain, perkembangan bersifat kualitatif, tidak dapat dinyatakan dengan angka. 
Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dimulai sejak perkecambahan biji. Kecambahan kemudian berkembang menjadi tumbuhan kecil yang sempurna. Setelah tumbuh hingga mencapai ukuran dan usia tertentu, tumbuhan akan berkembang membentuk bunga dan buah atau biji sebagai alat perkembangbiakan. Pertumbuhan pada tumbuhan terjadi didaerah meristematis (titik tumbuh), yaitu bagian yang mengandung jaringan meristem. Jaringan ini terletyak di ujung batang, akar, dan kambium. Aktivitas jaringan meristem yang terletak diujung batang/akar menghasilkan pola pertumbuhan yang berbeda bila dibandingankan dengan jaringan meristem dikambium. Oleh karena itu, pertumbuhan pada tumbuhan  dapat dibedakan 2 macam yaitu pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder.
            2. Tahap awal pertumbuhan
1.      Pertumbuhan biji :
a.       Mula-mula biji melakukan imbibisi atau penyerapan air sampai ukuran bijinya bertambah dan menjadi lunak
b.      Saat air masuk kedalam biji, enzim-enzim mulai aktif sehingga menghasilkan berbagai reaksi kimia.
c.       Kerja enzim ini antara lain, mengaktifkan metabolisme di dalam biji dengan mensintesis cadangan makanan sebagai persediaan cadangan makanan pada saat perkecambahan berlangsung.
2.      Perkecambahan :
Perkecambahan terjadi karena pertumbuhan radikula (calon akar) dan pertumbuhan plumula (calon batang) faktor yang mempengaruhi perkecambahan adalah air, kelembapan, oksigen, dan suhu.

3.      Proses Pertumbuhan dan Perkembangan
proses pertumbuhan dan perkembangan ada 3 macam pertumbuhan yaitu:
a.       Pertumbugan dan perkembangan dapa manusia
Petumbuhan dan perkembangan pada manusia di mulai sejak fase zigot. Zigot sebagai hasil pembuahan secara berulang-ulang sehingga sel nya bertambah banyak. Dalam proses pembalahan ini disertai perubahan-perubahan bentuk, fingsi, struktur, dan susunan biokimia dalam sel melalui beberapa tahap yang akhirnya berbentuk embrio. Selanjutnya, embrio berkembang menjadi janin dan suatu saat janin lahir di sebut bayi.
b.      Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan
Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan sama halnya dengan pertumbuhan dan perkembangan adapa manusia, dimuaai dari fase zigot. Zigot membelah dalam beberapa fase dn berkembang menjadi ambrio. Selanjutnya embrio berkembang menjadi janin dan akhirnya menetas atau di lahirkan. Tubuh anak hewan yang baru menetas terukuran kecil. Semakin lama, ukuran tubuh hewan tersebut semakin besar. Keadaan ini menunjukan paristiwa pertumbuhan. Selanjutnya anak hewan nuali dapet berjalan dan kemudian berlari. Setelah dewasa, hewan dapat melakukan perkawinan karena sistem reprodiksinya sudah mampu memprosuksi sel-sel kelamin yang matang. Dan ini adalah keadaan yang menunjukkan bahwa hewan tersebut mengalami perkembangan.
       
4.      Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan
Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan di pengaruhi oleh faktor internal dan                    faktor eksternal.
A.Faktor  internal

       Faktor internal merupakan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang berasal dari dalam tubuh tumbuhan itu sendiri. Faktor nternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan meliputi faktor intraseluler dan faktor interseluler.
1.    Faktor intraseluler
Faktor intraseluler terdapet di dalam sel tumbuhan, contohnya gen. Gen merupakan pembawa sifat dari induk kapada anaknya. Gen merupakan kode genetik yang akan di terjemahnkan menjadi protein tertentu yang berfungsi sebangai pembentukan enzim  yang mempengeruhi reaksi metabolisme.
2.    Faktor interseluler
Faktor intraseluler yang di lepaskan oleh sel untuk mengatur pertumbuhan dan perkembangan yaitu berupa hormon. Hormon pada tumbuhan di sebut fitohormon.
1.     Auksin
Auksin di produksi di bagian koleoptil (titik tumbuh), ujung batang, ujung akar, serta jaringan yang lainnya yang bersifat maristematik. Auksin berfungsi untuk :
a)  Merangsang aktifitas kambium
b)  Merangsang pembentukan buah dan bunga
c)  Merangsang penanjangan tunas ujung tanaman
d)  Merangsang pembentukan akar lateral dan akar serabut
e)  Mencegah rontoknya daun, bunga, dan buah.
f)   Memacu pembelahan sel
g)  Membantu pembentukan buah tanpa biji

2. Giberalin
3.  Sitokinin
4. Gas etilen
5. Asam absitat
6. Asam traumalin
7. Kalin

B.Factor Eksternal
Faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan sebangai berikut ini :
a.       Air
b.      Suhu
c.       Cahaya
d.      Oksigen
e.       Nilai pH
5) Metamorfosis dan Metagenesis pada Mahkluk Hidup
1. Metemorfosis, yaitu perubahan bentuk secara bertahap. Metamorfosis dibagi menjadi 2 yaitu :
a. Metamorfosis sempurna, adalah pertumbuhan bentuk hewan dari fase telur, larva, pupa atau kepompong, dan imago atau hewan dewasa. Contoh : kupu-kupu, lalat dan nyamuk.
b. Metamorfosis tidak sempurna, adalah perubahan bentuk hewan tanpa melalui fase pupa yaitu melalui telur, ninfa (hewan muda dan hewan dewasa).
2. Metagenesis, yaitu fase pergantian atau giliran keturunan antara fase gametofit dan fase sporofit. Spora merupakan alat reproduksi pada fase sporofit.

       E.  KESIMPULAN                                                          
Berdasarkan materi yang telah dijelaskan dapat di simpulkan bahwa Pertumbuhanadalah proses kenaikan volume yang bersifat irrevesibel (tidak dapat balik), dan terjadi karna adanya pertambahan jumlah sel dan pembesaran pada tiap-tiap sel. Dan Perkembangan adalah proses menuju dewasa. Proses perkembangan berjalan sejajar dengan pertumbuhan. Pertumbuhan dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder.Faktor-faktor yang mempengaruhi :
·         Faktor luar : Nutrisi, Cahaya, Suhu, Kelembapan atau kadar air.
·         Faktor dalam :Selain faktor genetik, yang termasuk faktor dalam adalah hormon-hormon yang terlibat dalam pertumbuhan tanaman, antara lain hormon auksin, giberelin, sitokinin, asam absitat, gas etilen, kalin.
                                                                             


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe For Email Feed

Email_SubscriptionsSign up to receive breaking news

Pages

Popular Posts