Nama                           :  Ervina Agustin
NPM                           :  15320042
Prodi                           : Pendidikan Biologi B
Semester                      :  3
Dosen Pengampu        : Agil Lepiyanto, M. Pd.
Pertemuan ke-             : 3

Jurnal Telaah Biologi SMP

A.PENGANTAR
            Puji syukur kehadirat Alloh SWT, berkat rahmat dan karunia-Nya, kepada saya sehingga saya  dapat menyelesaikan jurnal “Telaah Biologi SMP”yang dibuat untuk memenuhi tugas matakuliah Telaah Biologi SMP yang diampu Bapak Agil Lepiyanto, M. Pd. Jurnal ini berisi penjelasan tentang keanekaragaman hayati.
            Saya  menyadari bahwa jurnal ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua fihak yang bersifat membangun selalu saya  harapkan demi kesempurnaan jurnal ini.
            Akhir kata, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan jurnal ini dari awal sampai akhir. Semoga jurnal ini mampu menambah ilmu bagi pembaca.

B.SUBSTANSI
1.      Pengertian Keanekaragaman Makhluk Hidup Biodiversitas
2.      Terjadinya Keanekaragaman Makhluk Hidup
3.      Tindakan Manusia yang Menyebabkan Menurunya Keanekaragaman Makhluk Hidup
4.      Manfaat  Keanekaragaman Makhluk Hidup
5.      Dampak Buruk Dari Menurunya Keanekaragaman Makhluk Hidup
6.      Upaya Manusia yang Melestarikan dan Meningkatkan Keanekaragaman Makhluk Hidup
7.      Upaya Pelestarian Keanekaragaman Makhluk Hidup





C. REVIEW PEMBELAJARAN

1.      Pengertian Keanekaragaman Makhluk Hidup Biodiversitas
Seluruh makhluk hidup di bumi ini tidak satu pun yang sama persis dengan makhluk hidup lainya. Makhluk hidup memiliki suatu komponen sifat yang menurun dan mengendalikan karakteristik dari makhluk hidup tersebut, sehingga berbeda dari yang lainya dalam satu jenis yang disebut keragaman ( diversity). Keanekaragaman hayati merupakan gabungan kata dari “keanekaragama-an” dan “hayati”. Keanekaragaman memiliki pengeertian beranekaragam, bermacam-macam atau bervariasi. Sedangkan hayati berarti kehidupan. Oleh karena itu keanekaragaman makhluk hidup didefinisikan sebagai bermacam-macam organisme (makhluk hidup ) yang menunjukan keseluruhan variasi dari tingkat gen, jenis(spesies), dan ekosistem pada suatu daerah.

2.      Terjadinya Keanekaragaman Makhluk Hidup
Keanekaragaman dapat terjadi akibat dipengaruhi oleh faktor genetik dan faktor lingkungan. Faktor genetik atau faktor keturunan adalah sifat dari makhluk hidup itu sendiri yang diperoleh dari induknya. Faktor genetic ditentukan oleh gen atau pembawa sifat.
Faktor lingkungan adalah faktor dari liar makhluk hidup yang meliputi lingkungan fisik lingkungan kimia, dan lingkungan biotik. Lingkungan biotik misalnya suhu,kelembapan cahaya, dan tekanan udara. Lingkungan kimia misalnya makanan, mineral,keasaman, dan kimia buatan. Lingkungan biotik misalnya mikroorganisme, tumbuhan, hewan, dan manusia.

3.      Tindakan Manusia yang Menyababkan Menurunnya Keanekaragaman Makhluk Hidup
Aktifitas manusia dapat menurunkan keanekaragaman hayati. Hingga saat ini, berbagai jenis tumbuhan dan hewan terancam punah dan beberapa di antaranya telah punah.
a)      Perusakan Habitat
Jika habitat rusak maka organisme  tidak memiliki tempat yang cocok untuk hidupnya. Kerusakan habitat dapat diakibatkan karna ekosistem diubah fungsinya oleh manusia, misalnya hutan ditebang dijadikan lahan pertanian, pemukiman dan akhirnya tumbuh menjadi perkotaan. Kegiatan manusia tersebut mengakibatkan menurunnya keanekaragaman ekosistem, jenis, dan gen. Selain akibat aktifitas manusia, kerusakan juga dapat diakibatkan oleh bencana alam misalnya kebakaran, gunung meletus, dan banjir. Perusakan terumbu karang di laut juga dapat menurunkan keanekaragaman hayati laut.
b)      Masuknya Jenis Tumbuhan dan Hewan Liar
Tumbuhan atau hewan liar yang masuk ke ekosistem dapat berkompetisi bahkan membunuh tumbuhan hewan asli. Contohnya seperti pada ekosistem sawah jika populasi tikus meningkat maka hasil padi yang didapat akan berkurang jadi solusinya menggunakan burung hantu dan ular sebagai predator alami yang digunakan untuk mengurangi tikus di sawah


4.      Manfaat  Keanekaragaman Makhluk Hidup
a)      Sumber obat dan kosmetik
Mamanfaat kan bahan yang dihasilkan alam untuk dikonsumsi sebagai sumber obat dan kosmetik. Contohnya masyarakat Sumbawa mengenal akar salban, akar sawak, akar kesumang, batang malang, dan kayu sengketan sebagai ramuan minyak urut.
b)      Sumber pangan, papan, dan sandang
Memanfaatkan hasil alam seperti kayu yang dijadikan bahan bangunan, kertas dll
c)      Lahan Penelitian dan Pengembangan Ilmu
Suaka marga satwa dan cagar alam dapat digunakan sebagai tempat pendidikan dan penelitian, karna dari tempat tersebut kita dapat mengetahui berbagai informasi atau pengetahuan mengenai aneka ragam flora dan fauna.
d)     Sumber Plasma Nutfah
Plasma nutfah sendiri memiliki arti sifat unggul pada hewan, tumbuhan, mikroba yang bersumber dari hutan. Akan tetapi dari sumber hewan, tumbuhan dan mikroorganisme tersebut ada yang belum diketahui fungsinya sebaiknya kita jangan memusnahkan terlebih dahulu karna mungkin saja didalamnnya terkandung suatu zat yang berperan penting bagi kehidupan.

5.      Dampak Buruk Dari Menurunya Keanekaragaman Makhluk Hidup
Salah satu contohnya adalah pada bidang pendidikan, para pelajar saat ini tidak dapat melihat secara langsung berbagai jenis makhluk hidup di dunia ini, mereka  hanya dapat membayangkan dan melihat gambar-gambar nya saja. Hal ini terjadi akibat semakin banyaknya hewan dan tumbuhan di dunia yang hampir punah.

6.      Upaya Manusia yang Melestarikan dan Meningkatkan Keanekaragaman Makhluk Hidup
a)      Penghijauan
b)      Pembuatan taman kota
c)      Pemuliaan
d)     Pengembangbiakan
e)      Memelihara kelestarian hutan
f)       Menetapkan daerah perlindungan alam
g)      Hutan suaka alam
h)      Taman nasional
i)        Taman hutan raya


7.      Upaya Pelestarian Keanekaragaman Makhluk Hidup
a)      Pembuatan Taman Nasional
b)      Pembuatan Cagar Alam
c)      Penetapan hutan lindung
d)      Pembuatan Kebun Raya

D. KESIMPULAN
Keanekaragaman makhluk hidup menjelaskan banyak  variasi makhluk hidup dari  keanekaragman makhluk hidup tingkat gen, jenis, dan ekosistem. Terbentuknya keanekaragaman makhluk hidup di pengaruhi faktor genetic dan lingkungan.kemudian terdapat tindakan manusia yang mempengaruhi keberadaan keanekaragaman makhluk hidup diantaranya perusakan habitat,masuknya tanaman atau hewan liar.

Keanekaragaman makhluk hidup memberikan manfaat yang besar terkhusus bagi kehidupan manusia sebagai sumber pangan, sumber obat dan kosmetik, sumber plasma nutfah dan lain-lain. Adapun dampak buruk dari menurunnya keanekaragaman makhluk hidup yaitu bagi dunia pendidikan bagi siswa mereka tidak dapat melihat secara langsung dari keanekaragaman makhluk hidup. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk pelestarian keanekaragaman makhluk hidup dengan membuat taman nasional, cagar alam, hutan lindung, kebun raya dan sebagainya.  

LAMPIRAN

Hasil gambar untuk GAMBAR KEANEKARAGAMAN HAYATI TINGKAT GEN
Keanekaragaman Tingkat Gen

Hasil gambar untuk GAMBAR KEANEKARAGAMAN HAYATI TINGKAT GEN
Keanekaragaman Tingkat Jenis

Image result for GAMBAR KEANEKARAGAMAN HAYATI TINGKAT ekosistem
Keanekaragaman Tingkat Ekosistem

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe For Email Feed

Email_SubscriptionsSign up to receive breaking news

Pages

Popular Posts