A.     IDENTITAS

Nama                                : NADYA AYU PRASTICA
NPM                                : 15320062
Prodi                                 : Pendidikan Biologi B
Semester                           : Tiga (3)
Mata Kuliah                      : Telaah Biologi SMP
Dosen Pengampu             : Agil Lepiyanto, M. Pd.
Pertemuan Ke-                  : Tiga (3)

B.     KATA PENGANTAR
    Bismillahirrahmanirahim
Asslamu’alaikum wr.wb
      Dengan mengucap syukur Alhamduillah atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat karunianya, kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan hasil ringkasan materi Telaah Biologi SMP.
      Tujuan penyusun ringkasan materi ini adalah sebagai bukti bahwa saya telah meaksanakan dan menyelesaikan tugas ringkasan materi Telaah Biologi SMP pertemuan ketiga yang diampu oleh dosen bapak Dr.Muhfahroyin, S.Pd., M.T.A dan bapak Agil Lepiyanto, S.Pd., M.Pd.
      Saya menyadari bahwa penyusunan jurnal ini terdapat banyak kekurangan. Untuk itu saya berharap agar pembaca dapat memberikan saran dan kritik yang membangun demi perbaikan jurnal ini.
      Akhir kata saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membaca jurnal belajar ini dari awal sampai akhir. Saya berharap agar jurnal ini dapat bermanfaat dan memberikan sumbangan ilmu pengethuan bagi pihak-pihak yang memerlukan.
Wa’alaikumsalam wr.wb.
Metro, 04 Oktober 2016

C.     SUBTANSI KAJIAN
1). Pengertian Keanekaragaman Makhluk Hidup
2). Terjadinya Keanekaragaman Makhluk Hidup
3). Tindakan Manusia yang Mengakibatkan Menurunnya Keanekaragaman Makhluk Hidup
4). Manfaat Keanekaragaman Makhluk Hidup
5). Dampak Buruk Dari Kepunahan
6). Upaya Manusia yang Melestarikan dan Meningkatkan Keanekaragaman Makhluk Hidup



D.     REVIEW PEMBELAJARAN
Keanekaragaman makhluk hidup dapat diartikan sebagai perbedaan yang terdapat pada makhluk hidup sesuai dengan spesies, jenis ataupun ekosistemnya. Keanekaragaman tersebut dapat terjadi dikarenakan oleh adanya perbedaan cirri-ciri dari masing-masing makhluk hidup tersebut seperti sifat, warna, ukuran, bentuk, habitat, dan sebagainya. Keanekaragaman diantara makhluk hidup dapat terjadi dikarenakan adanya proses adaptasi maupun evolusi. Adaptasi merupakan sebuah proses penyesuaian diri yang di lakukan oleh makhluk hidup terhadap lingkungan dimana ia tinggal agar mampu bertahan hidup. Evolusi adalah sebuah proses perubahan pada suatu spesies yang berlangsung secara bertahap dan dalam jangka waktu yang lama hingga menghasilkan spesies baru yang berbeda dengan asalnya.Keaneragaman makhluk hidup yang ditemukan dibumi adalah hasil dari miliaran tahun proses evolusi. Asal muasal kehidupan belum diketahui secara pasti dalam sains.hingga sekitar 600 juta tahun yang lalu, kehidupan dibumi hanya berupa archaea, bakteri, protozoa, dan organism uniseluler lainnya sebelum organisme multiseluler muncul dan menyebabkan ledakan keanekaragaman hayati yang begitu cepat, namun secara periodik dan eventual juga terjadi kepunahan secara besar-besaran akibat aktivitas bumi, iklim dan luar angkasa.
Keanekaragaman dapat terjadi karena dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu factor genetic dan factor lingkungan.faktor genetic atau yang biasa disebut factor keturunan merupakan sifat dari makhluk hidup itu sendiri yang diperoleh dari induknya. Yang kedua factor lingkungan adalah factor dari luar makhluk hidup yang meliputi lingkungan fisik, kimia, dan biotic. Keanekaragaman makhluk hidup ini dapat terbentuk karena perkawinan (persilangan) dan kondisi lingkungan.
Tindakan atau aktifitas manusia dapat menurunkan keanekaragaman hayati. Hingga saat ini berbagai jenis tumbuhan dan hewan terancam punah dan beberapa diantaranya telah punah. Misalnya di Indonesia telah kehilangan beberapa hewan penting yaitu harimau bali, saat ini hewan tersebut tidak pernah ditemukan lagi keberadaannya. Tindakan manusia yang mengakibatkan menurunya keanekaragaman makhluk hidup diantaranya perusak habitat, tindakan ini jika di lakukan terus menerus oleh orang yang tidak bertanggungjawab akan sangat berbahaya untuk makhluk hidup yang berada didalamnya bahakan akan berdampak pada kematian makhluk hidup yang ada di dalamnya. Selanjutnya penggunaan pestisida, barang ini boleh di gunakan dengan ukuran yang tidak berlebihan dan sesuai kebutuhan. Jika digunakan untuk hal-hal yang tidak dibolehkan akan berdampak pula pada kematian makhluk hidup yang ada didalam suatu tempat atau habitat tersebut. Selanjutnya pencemaran, pencemeran ini biasanya banyak terjadi di perairan seperti sungai. Masih banyak masyarakat yang belum paham akan bahaya nya pencemaran baik untuk biota yang ada di dalam sungai maupun kesehatan masyarakat sekitar. Di zaman sekarang pun masih banyak masyarakat yang masih membuang sampah di sekitar sungai. Sehingga sungai terlihat kotor dan keruh. Bukan hanya sungai saja yg mengalami pencemaran tetapi ada juga udara contohnya asap pabrik yang dapat mengganggu pernafasan makhluk hidup, adapula pencemaran di laut dan masih banyak yang lainnya. Selanjutnya pperubahan tipe tumbuhan, tumbuhan merupakan produser didalam ekosistem. Perubahan tipe tumbuhan misalnya perubahan dari hutan hujan tropis menjadi hutan produksi dapat mengakibatkan hilangnya tumbuhan-tumbuhan liar penting lainnya. Selanjutnya masuknya jenis tumbuhan dan hewan liar , jika kedua makhluk hidup itu masuk kedalam ekosistem dapat berkompetisi bahkan membunuh tumbuhan dan hewan asli. Selanjutnya penebangan, hal ini dapat merusak pohon-pohon yang ada dihutan bahkan mengakibatkan hilangnya hewan yang ada di dalamnya, jadi penebangan akan menurunkan plasma nutfah. Plasma nutfah yaitu sifat unggul dari makhluk hidup. Yang terakhir seleksi, perilaku ini juga dapat mempercepat kepunahan organisme sebagai contoh kita sering hanya menanam tanaman yang kita anggap unggul misalnya jambu Bangkok.
Manfaat keanekaragaman makhluk hidup yaitu sebagai sumber obat dan kosmetik, sumber pangan, papan, dan sandang, lahan penelitian dan pengembangan ilmu, sarana peningkatan nilai budaya, sumber plasma nutfah dan sumber pendapatan.
Dampak buruk dari kepunahan salah satu contohnya yaitu pada bidang pendidikan, para pelajar saat ini tidak dapat melihat secara langsung berbagai jenis makhluk hidup di dunia ini, mereka hanya dapat membayangkan dan melihat gambar-gambarnya saja. Hal ini terjadi akibat semakin banyaknya hewan dan tumbuhan yang punah.
Upaya manusia yang melestarikan dan meningkatkan keaneragaman makhluk hidup yaitu dengan berbagai cara seperti penghijaun, pembuatan taman kota, pemuliaan, pengembangbiakan, memelihara kelestarian hutan, menetapkan daerah perlindungan alam, hutan suaka alam.
                                                                                                    
E.      KESIMPULAN
Dari materi yang telah dijelaskan diatas dapat disimpulkan bahwa Keanekaragaman makhluk hidup dapat diartikan sebagai perbedaan yang terdapat pada makhluk hidup sesuai dengan spesies, jenis ataupun ekosistemnya. Keanekaragaman diantara makhluk hidup dapat terjadi dikarenakan adanya proses adaptasi maupun evolusi. Adaptasi merupakan sebuah proses penyesuaian diri yang di lakukan oleh makhluk hidup terhadap lingkungan dimana ia tinggal agar mampu bertahan hidup. Evolusi adalah sebuah proses perubahan pada suatu spesies yang berlangsung secara bertahap dan dalam jangka waktu yang lama hingga menghasilkan spesies baru yang berbeda dengan asalnya. Keanekaragaman dapat terjadi karena dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu factor genetic dan factor lingkungan.faktor genetic atau yang biasa disebut factor keturunan merupakan sifat dari makhluk hidup itu sendiri yang diperoleh dari induknya. Yang kedua factor lingkungan adalah factor dari luar makhluk hidup yang meliputi lingkungan fisik, kimia, dan biotic. Tindakan atau aktifitas manusia dapat menurunkan keanekaragaman hayati diantaranya yaitu perusak habitat, penggunaan pestisida, pencemaran, perubahan tipe tumbuhan, masuknya jenis tumbuhan dan hewan liar, pencemaran, dan seleksi. adapula manfaat keanekaragaman makhluk hidup yaitu sebagai sumber obat dan kosmetik, sumber pangan, papan, dan sandang, lahan penelitian dan pengembangan ilmu, sarana peningkatan nilai budaya, sumber plasma nutfah dan sumber pendapatan.Dampak buruk dari kepunahan salah satu contohnya yaitu pada bidang pendidikan, para pelajar saat ini tidak dapat melihat secara langsung berbagai jenis makhluk hidup di dunia ini, mereka hanya dapat membayangkan dan melihat gambar-gambarnya saja. Hal ini terjadi akibat semakin banyaknya hewan dan tumbuhan yang punah



                                                                                   

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe For Email Feed

Email_SubscriptionsSign up to receive breaking news

Pages

Popular Posts