Nama                           :  Ervina Agustin
NPM                           :   15320042
Prodi                           :   Pendidikan Biologi B
Semester                      :  3
Dosen Pengampu        : Agil Lepiyanto, M. Pd.
Pertemuan ke-             : 4

Jurnal Telaah Biologi SMP
    A.    .PENGANTAR
            Puji syukur kehadirat Alloh SWT, berkat rahmat dan karunia-Nya, kepada saya sehingga saya  dapat menyelesaikan jurnal “Telaah Biologi SMP”yang dibuat untuk memenuhi tugas matakuliah Telaah Biologi SMP yang diampu Bapak Agil Lepiyanto, M. Pd. Jurnal ini berisi penjelasan Ekosistem.
            Saya  menyadari bahwa jurnal ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua fihak yang bersifat membangun selalu saya  harapkan demi kesempurnaan jurnal ini.
            Akhir kata, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan jurnal ini dari awal sampai akhir. Semoga jurnal ini mampu menambah ilmu bagi pembaca.

    B.     SUBSTANSI
1.      Pengertian Ekosistem
2.      Satuan Makhluk Hidup dalam Ekosistem
3.      Habitat dan Nisia
4.      Komponen penyusun Ekosistem
5.      Kebergantungan Ekosistem
6.      Pola Interaksi dalam Ekosistem



    C.     .REVIEW PEMBELAJARAN
1.      Pengertian Ekosistem
Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi.
Secara garis besar ekosistem dibedakan menjadi 2, yaitu ekosistem terestial dan ekosistem aquatik. Berdasarkan proses terbentuknya ekosistem di bagi menjadi 2 jenis yaitu ekosistem alami daqn buatan.
2.      Satuan Makhluk Hidup dalam Ekosistem
  •          Individu

Individu adalah makhluk hidup yang berdiri sendiri yang secara fisiologis bersifat bebas atau tidak mempunyai hubungan dengan sesamanya. Individu juga disebut satuan makhluk tunggal. Contoh : seekor burung
Image result for seekor burung burung
  •       Populasi

Populasi adalah adalah kumpulan individu sejenis yang berada pada wilayah tertentu dan pada waktu yang tertentu pula
 Image result for populasi burung
  •          Komunitas

Interaksi antar populasi didalam suatu area pada suatu waktu yang membentuk komunitas, atau keseluruhan makhluk hidup yang mengadakan interaksi di suatu tempat pada waktu tertentu.
Image result for komunitas ekosistem

3.       Habitat dan Nisia
Habitat atau tempat hidup organisme sangat erat hubungannya dengan nisia (relung). Tempat alami organisme tersebut disebut habitat. Habitat menyediakan makanan dan tempat berlindung bagi makhluk hidup.
Nisia terbentuk untuk menghindari persaingan antar spesies. Nisia dengan katalain  jenis makanan, cara mencari makanan, waktu mencari makanan.
4.      Komponen Penyusun Ekosistem
Tersusun atas komponen hidup (biotik)  dan komponen tak hidup (abiotik)
a)      Komponen biotik trdiri dari
·         Produsen
·         Konsumen
·         Decomposer
b)      Komponen Abiotik
·         Gas Karbondioksida dan Oksigen
·         Air
·         Tanah
·         Suhu
·         Kelembapan
·         Cahaya Matahari
·         Ruangan


5.      Kebergantungan Ekosistem
Kebergantungan didalam ekosistem terjadi antar individu satu spesies dan antar individu berbeda spesies. Antar individu satu spesies saling ketergantungan dalam memperoleh makanan, membuat sarang danberkembang biak. Sedangkan ketergantungan antar individu berbeda spesies terjadi didalam pristiwa dimakan dan dimakan yang mengakibatkan terbentuknya
·         Rantai Makanan
·         Jaring Makanan
·         Piramida Ekologi
6.      Pola Interaksi dalam Ekosistem
Interaksi antar organisme terjadi dengan berbagai macam pola. Interaksi tersebut ada yang saling menguntungkan satu pihak atau merugikan satu pihak. Pola- pola interaksi:
·         Predasi
·         Netralisme
·         Simbiosis (Mutualisme,Parasitisme,Komensalisme)
·         Kompetisi
·         Antibiosis

    D.     KESIMPULAN
Ekosistem merupakan interaksi antara komponen abiotik dan komponen biotic yang berada di area alam yang luas. Ekosistem banyak macamnya ada ekositem alami, binaan, dan buatan. Satuan makhluk hidup dalam ekosistem terdapat individu, populasi, komunitas. Komponen  abiotik terdiri dari air, tanah, suhu cahaya matrahari, dan lain-lain. Komponen biotic terdiri dari produsen, konsumen, decomposer dan lain-lain.keseimbangan linhgkungan akan stabil dan akan tetap terjaga apabial jumlah individu produsen lebih besar daripada jumlah konsumen I, demikian juga jumlah konsumen I harus lenbih besar drai konsumen II, dan seterusnya jumlah konsumen II harus lebih besar dari konsumen III. Dan jika faktor biotic dan abiotik manjalani perubahan akan mengakibatkan keseimbangan lingkungan menjadi terganggu.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe For Email Feed

Email_SubscriptionsSign up to receive breaking news

Pages

Popular Posts