A.    Identitas
Nama                           : Indah Meika Sari
NPM                           : 15320045
Prodi                           : Pendidikan Biologi ( B )
Semester                      : Tiga (3)
Dosen Pengampu        : Agil Lepiyanto.,M.Pd.

B.     Pengantar
Bissmilahirahmanirrahim
Assalamu’alaikum Wr.Wb
     Dengan mengucap syukur alhamdullillah atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat karunianya kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan hasil ringkasan materi Telaah Biologi SMP.
         Penyusun ringkasan materi ini adalah sebagai bukti bahwa saya telah melaksanakan dan menyelesaikan tugas ringkasan materi Telaah Biologi SMP pertemuan ke empat.
        Saya menyadari bahwa penyusunan jurnal ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun dari pembaca sangat saya harapkan. Selama pertemuan ke empat mata kuliah Telaah Biologi SMP.
Wasasalamu’alaikum Wr.Wb

C.    Substansi Kajian
1.      Pengertian Ekosistem
2.      Satuan Makhluk Hidup dalam Ekosistem
3.      Komponen Penyusun Ekosistem
4.      Kebergantungan Ekosistem
5.      Pola Interaksi dalam Ekosistem

D.    Review Pembelajaran
Pengertian Ekosistem
Pengertian ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk dikarenakan hubungan timbal balik yang tidak dapat terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem dapat juga dikatakan sebagai suatu tatanan kesatuan secara utuh serta menyeluruh antara unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi. Dalam suatu ekosistem, organisme dalam komunitas berkembang secara bersama-sama dengan lingkungan fisik. Organisme tersebut akan beradaptasi dengan lingkungan fisik dan sebaliknya organisme juga dapat memengaruhi lingkungan fisik yang digunakan untuk keperluan hidup.
Satuan Makhluk Hidup dalam Ekosistem  :
1.      Individu
Individu adalah makhluk hidup tunggal yang dapat hidup secara fisiologis, yang  merupakan satuan fungsional terkecil penyusun ekosistem. Seekor kerbau, seekor rusa, sebatang pohon meranti, sebatang pohon kelapa, dan seorang manusia merupakan individu dalam ekosistem.

                             
                         

2.      Populasi
Populasi adalah sekelompok mahkluk hidup dengan spesies yang sama, yang hidup di suatu wilayah yang sama dalam kurun waktu yang sama pula. Suatu organisme disebut sejenis bila memenuhi persyaratan sebagai berikut:
a.       Menempati daerah atau habitat yang sama
b.      Mempunyai persamaan bentuk, susunan tubuh, dan aktifitas
c.       Mampu menghasilkan keturunan yang subur, yaitu yang mampu
berkembang biak
           

3.      Komunitas
Komunitas merupakan kumpulan beberapa populasi yang berbeda yang saling berinteraksi pada daerah dan waktu tertentu dan memungkinkan terjadi perpindahan materi dan energi. Misalnya populasi ikan nila, ikan mujair, eceng gondok, dan plankton.

                               
Komponen Penyusun Ekosistem  :
1.      Komponen Biotik
A.    Produsen
Produsen adalah organisme yang dapat menghasilkan makanannya sendiri. Produsen membuat makanan dengan menyerap senyawa dan zat-zat anorganik untuk kemudian diubah menjadi senyawa organik melalui proses fotosintesis. Ciri khusus organisme yang tergolong autotrof adalah adanya klorofil dalam tubuhnya, seperti pada tumbuhan tingkat tinggi. Dalam interaksi komponen biotik dan abiotik, organisme autotrof merupakan awal dari terciptanya keseimbangan ekosistem.

B.     Konsumen
Konsumen adalah organisme yang menggunakan bahan-bahan organik yang berasal dari organisme lain sebagai sumber energi dan makanannya. Konsumen tidak dapat menghasilkan makanannya sendiri. Contoh kompenen biotik ini misalnya manusia dan hewan yang berperan baik sebagai karnivora, herbivora, maupun omnivora.

C.     Dekomposer
Pengurai atau dekomposer adalah organisme yang merubah bahan-bahan organik dari organisme yang sudah mati menjadi senyawa anorganik melalui proses dekomposisi. Contoh komponen biotik ini misalnya jamur, bakteri, ganggang, cacing, dan lain sebagainya. Beberapa pengurai yang menggunakan sisa bahan organik hasil dekomposisi disebut juga detritivor. Contoh organisme ini misalnya kutu kayu.

2.      Komponen Abiotik
A.    Gas karbondioksida dan oksigen
B.     Air
C.     Tanah
D.    Suhu
E.     Kelembaban
F.      Cahaya Matahari
G.    Ruangan
Kebergantungan Ekosistem  :
1.      Rantai Makanan
    Rantai makanan adalah rangkaian peristiwa makan dan dimakan antar makhluk hidup untuk kelangsungan hidupnya. Proses makan-memakan ini berdasarkan urutan tertentu dan berlangsung terus-menerus.
2.      Jaring-jaring Makanan
   Jaring- jaring makanan adalah sekumpulan dari beberapa rantai makanan yang saling berhubungan. Sebuah jaring-jaring makanan memiliki sususnana yang lebih komplek dibanding rantai makanan. Pada jaring-jaring makanan, satu organisme bisa memakan lebih dari satu organisme lainnya dan sebaliknya satu organisme bisa dimakan lebih dari satu organisme lainnya.
3.      Piramida Ekologi
    Piramida ekologi adalah gambaran susunan antar trofik dapat disususn berdasarkan kepadatan populasi, berat kering, maupun kemampuan menyimpan energi pada tiap trofik. Struktur trofik dapat disusun secara urut sesuai hubungan makan dan dimakan antar trofik yang secara umum memperlihatkan bentuk kerucut atau piramida.
Pola Interaksi dalam Ekosistem  :
1.      Predasi
      Predasi merupakan mekanisme lain di mana spesies berinteraksi satu sama lain. Predasi adalah ketika organisme predator memakan organisme hidup lain atau organisme, yang dikenal sebagai mangsa. Contoh hubungan predator mangsa seperti singa dan zebra, beruang dan ikan, rubah dan kelinci.
2.      Netralisme
    Netralisme adalah hubungan antara mkhluk hidup berbeda jenis yang tidak saling mempengaruhi, meskipun makhluk hidup tersebut berada dalam habitat yang sama. Contohnya, interaksi antara kucing dengan ayam di kebun. Kucing dan ayam tidak saling mempengaruhi karena mempunyai jenis makanan yang berbeda diantara yang satu dengan yang lainnya.
3.      Simbiosis
   Simbiosis merupakan istilah untuk menunjukkan adanya interaksi antara dua organisme yang berdampingan. Ada beberapa bentuk simbiosis yaitu :
A.    Simbiosis Mutualisme
Simbiosis mutualisme adalah interaksi antara dua organisme yang bersifat saling menguntungkan. Simbiosis ini disebut juga simbiosis obligat. Contohnya  interaksi  serangga dengan tanaman berbunga.
B.     Simbiosis Parasitisme
Simbiosis parasitisme adalah interaksi antara dua organisme yang memberikan keuntungan salah satu pihak dan merugikan pihak lainnya. Contohnya adalah interaksi  antara pohon dengan benalu.
C.     Simbiosis Komensalisme
Simbiosis komensalisme adalah interaksi antara dua organisme yang menguntungkan salah satu pihak, tetapi tidak merugikan pihak lainnya. Contohnya adalah interaksi antara ikan hiu dengan remora.
4.      Kompetisi
    Kompetisi adalah bentuk interaksi antara dua organisme yang dapat merugikan kedua belah pihak. Kompetisi terjadi pada individu-individu yang berada dalam satu komunitas. Kompetisi terutama terjadi dalam hal perebutan sumber makanan, habitat, atau pasangan.
5.      Antibiosis
     Antibiosis adalah hubungan interaksi antara dua organisme yang mana dapat menghambat perkembangan organisme satu karena organisme yang lain. Dan sebaliknya dua organisme yang memiliki sifat antibiosis tidak didekatkan antara satu dengan yang lain karena dapat menimbulkan kemusnahan satu organisme tersebut. Contoh antibiosis  seperi hubungan antara jamur pansilin dengan bakteri atau organisme yang memiliki sel tunggal dapat mengakibatkan musnahnya salah satu dari mereka.

D.    Kesimpulan
Ekosistem adalah kesatuan komunitas dengan lingkungannya yang membentuk hubungan timbal balik. Ekosistem tersusun atas dua komponen utama, yaitu komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik adalah komponen ekosistem yang terdiri dari makhluk hidup tak hidup atau benda mati. Komponen abiotik adalah komponen ekosistem yang terdiri dari makhluk hidup yang meliputi tumbuhan,hewan, dan manusia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe For Email Feed

Email_SubscriptionsSign up to receive breaking news

Pages

Popular Posts