A.    Identitas
Nama                   : Indah Meika Sari
NPM                    : 15320045
Prodi                     : Pendidikan Biologi ( B )
Semester                : Tiga (3)
Dosen Pengampu    : Agil Lepiyanto.,M.Pd.

B.     Pengantar
Bissmilahirahmanirrahim
Assalamu’alaikum Wr.Wb
      Dengan mengucap syukur alhamdullillah atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat karunianya kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan hasil ringkasan materi Telaah Biologi SMP.
         Penyusun ringkasan materi ini adalah sebagai bukti bahwa saya telah melaksanakan dan menyelesaikan tugas ringkasan materi Telaah Biologi SMP pertemuan ke tiga.
        Saya menyadari bahwa penyusunan jurnal ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun dari pembaca sangat saya harapkan. Selama pertemuan ke tiga mata kuliah Telaah Biologi SMP.
Wasasalamu’alaikum Wr.Wb

C.    Substansi Kajian
1)      Keanekaragaman Makhluk Hidup
2)      Kegiatan Manusia yang dapat Menurunkan Keanekaragaman Makhluk Hidup
3)      Manfaat Keanekaragaman Makhluk Hidup
4)      Dampak dari Kepunahan
5)      Upaya Pelestarian Keanekaragaman Makhluk Hidup

D.    Review Pembelajaran
Keanekaragaman Makhluk Hidup
Keanekaragaman makhluk hidup sering disebut juga keanekaragaman hayati ( Biodiversitas ) merupakan perbedaan yang terdapat pada makhluk hidup sesuai dengan spesies, jenis, atau ekosistem. Keanekaragam diantara makhluk hidup tersebut bisa terjadi karena adanya proses adaptasi dan evolusi. Adaptasi merupakan sebuah proses penyesuaian diri yang dilakukan oleh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Sedangkan evolusi adalah sebuah proses perubahan pada suatu spesies yang berlangsung secara bertahap dan dalam jangka waktu yang lama hingga menghasilkan spesies baru yang berbeda dengan asalnya.

Penyebab Terjadinya Keanekaragaman Makhluk Hidup
       Faktor yang mempengaruhi terjadinya keanekaragaman hayati yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan. Faktor genetik merupakan penurunan sifat dari induk kepada anaknya. Sedangkan faktor lingkungan adalah faktor yang muncul dari lingkungan fisik, kimia, dan abiotik seperti suhu, cahaya, makanan, meneral, air, dan sebagainya.
Keanekaragaman Hayati dipisahkan ke dalam tiga kelompok bebeda yaitu :
1.      Keanekaragaman Gen
Tiap-tiap makhluk hidup tersususn atas ribuan bahkan jutaan sel. Di dalam inti sel tersebut tersimpan materi yang menjadi pembawa sifat yaitu gen. Keanekaragaman tingkat gen dapat diamati dengan melihat perbedaan ciri-ciri yang dimiliki oleh makhluk hidup di dalam satu spesies. Contoh dari keanekaragaman gen adalah macam-macam ayam ( ayam hutan, ayam ras, ayam potong, ayam kate, ayam bangkok, dan sebagainya ).
2.      Keanekaragaman Jenis
Keanekaragaman ini terjadi pada makhluk hidup yang berbeda dalam satu family namun berbeda spesies. Contohnya adalah famili kucing (Falidae) yaitu harimau, singa, leopard, dan sebagainya. Meskipun masih dalam satu family, mereka memiliki ciri dan sifat yang berbeda-beda.
3.      Keanekaragan Ekosistem
Keanekaragaman ekosistem dapat dilihat dari komponen-komponen penyusunnya. Tentu jenis tumbuhan dan hewan di laut berbeda dengan jenis hewan dan tumbuhan di hutan.
  
Kegiatan Manusia yang Menurunkan Keanekaragaman Makhluk Hidup :
1.      Perusak Habitat
Kerusakan habitat dapat diakibatkan karena ekosistem diubah fungsinya oleh manusia, misalnya hutan ditebang untuk dijadikan lahan pertanian, pemukiman, dan akhirnya menjadi perkotaan.
2.      Penggunaan Pestisida
Pestisida yang seharusnya hanya untuk membunuh organisme pengganggu ( hama ), pada kenyataannya menyebar ke lingkungan dan meracuni mikroba, jamur, hewan, dan tumbuhan lainnya.
3.      Pencemaran
Bahan pencemar juga dapat membunuh mikroba, jamur, hewan, dan tumbuhan penting. Bahan pencemar dapat berasal dari limbah pabrik dan limbah rumah tangga.
4.      Perubahan Tipe Tumbuhan
Perubahan tipe tumbuhan misalnya perubahan dari hutan hujan tropik menjadi hutan produksi dapat mengakibatkan hilangnya tumbuh-tumbuhan liar penting.
5.      Masuknya Jenis Tumbuhan dan Hewan Liar
Tumbuhan atau hewan liar yang masuk ke ekosistem dapat berkompetisi bahkan membunuh tumbuhan dan hewan asli.
6.      Penebangan
Penebangan pohon tidak hanya menghilangkan pohon yang sengaja ditebang, tetapi juga merusak pohon-pohon lain di sekelilingnya.
7.      Seleksi
Secara tidak sengaja perilaku kita mempercepat kepunahan organisme. Sebagai contoh, kita sering hanya menanam tanaman yang kita anggap unggul .

Manfaat Keanekaragaman Makhluk Hidup :
1.      Sebagai sumber obat
2.      Sumber pangan, papan, dan sandang
3.      Sumber lahan penelitian dan pengembangan
4.      Sarana peningkatan nilai budaya
5.      Sumber plasma nutfah
6.      Sumber energi
7.      Sumber pendapatan

Dampak Buruk dari Kepunahan
       Keanekaragaman makhluk hidup telah memberikan manfaat bagi kehidupan manusia atau makhluk hidup lainnya. Sepantasnya manusia berusaha untuk memelihara, mengembangkan, dan menjaga keanekaragaman makhluk hidup sebagai sumber daya alam hayati agar senantiasa dapat memperoleh manfaatnya. Salah satu contoh dari kepunahan adalah pada bidang pendidikan, para pelajar saat ini tidak dapat melihat secara langsung berbagai jenis makhluk hidup di dunia ini, mereka hanya dapat membayangkan dan melihat gambar-gambarnya saja.

Upaya-upaya Pelestarian Keanekaragaman Makhluk Hidup :
1.      Penghijauan
2.      Pembuatan Taman Kota
3.      Pemuliaan
4.      Pengembang biakan
5.      Penebanagn Hutan
6.      Hutan Suaka Alam

E.     Kesimpulan
Makhluk hidup di dunia ini sangat beragam. Keanekaragaman tersebut disebut dengan keanekaragaman hayati ( biodiversitas ). Keanekaragaman hayati ditunjukkan oleh adanya berbagai variasi bentuk, ukuran, warna, dan sifat-sifat dari makhluk hidup lainnya. Keanekaragaman hayati disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan.
Kegiatan manusia dapat menurunkan keanekaragaman hayati. Tetapi disamping itu, kegiatan manusia juga bisa meningkatkan keanekaragaman hayati misalnya dengan penghijauan, pembuatan taman kota, pemuliaan, dan sebagainya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe For Email Feed

Email_SubscriptionsSign up to receive breaking news

Pages

Popular Posts