KELANGSUNGAN HIDUP ORGANISME



A.        Identitas
Nama                             : Ajeng Ayu Srigati
Npm                               : 15320067
Prodi                              : Pendidikan Biologi (B)
Semester                       : 3 (tiga)
Dosen pengampu          : Agil lepiyanto,M.Pd.
B.        Kata pengantar
Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Dengan mengucap syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat karunianya kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan hasil ringkasan materi Telaah Biologi SMP.
Penyusun ringkasan materi ini adalah sebagai bukti bahwa saya telah melaksanakan dan menyelesaikan tugas mata kuliah Telaah Biologi SMP.
Saya menyadari bahwa penyusunan Jurnal ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun dari pembaca sangat saya harapkan.
Harapan saya semoga penyusunan jurnal yang memuat pengetahuan yang didapat selama pertemuan kedua pada mata kuliah Telaah Biologi SMP.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
C.        Sub kajian
1.            Adaptasi Mahkluk Hidup Terhadap Lingkungan
2.         Seleksi Alam
3.         Perkembangbiakan Makhluk Hidup
D.        Review Pembelajaran
KELANGSUNGAN HIDUP ORGANISME
A.        Adaptasi Mahkluk Hidup Terhadap Lingkungan
1.         Pengertian
Adaptasi adalah kemampuan mahkluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya. Ada beberapa cara penyesuaian diri yang dapat dilakukan, yaitu dengan cara penyesuaian bentuk organ tubuh, penyesuaian kerja organ tubuh, dan tingkah laku dalam menanggapi perubahan lingkungan.
Ada tiga  macam bentuk adaptasi, yaitu :
a)         Adaptasi fisiologi, contohnya seperti melebar atau menyempitnya pupil mata untuh mengatur intensitas cahaya.
b)         Adaptasi tingkah laku, dapat berupa hasil belajar maupun insting naluri sejak lahir. Contohnya seperti bunglon atau gurita yang dapat berkamuflase untuk melindungi dirinya terhadap predator lain. Terdapat 2 macam tingkah laku, yaitu:
·         Tingkah laku sosial, untuk hewan yang hidup berkelompok
·         Tingkah laku untuk perlindungan
c)         Adaptasi morfologi, yaitu penyesuaian mehkluk hidup melalui perubahan bentuk organ tubuh yang berlangsung sangat lama untuk kelangsungan hidupnya. Contohnya seperti penyesuaian tubuh hewan misalnya ukuran dan bentuk gigi, alat gerak hewan seperti kaki sesuai dengan fungsinya, dll.
Selain hewan, tumbuhan juga beradaptasi dengan lingkungannya melalui tubuhnya, yaitu :
·         Tumbuhan xerorit, memiliki struktur fisik yang sesuai untulk bertahan hidup pada suhu yang ekstrem panas dan kekurangan air. Contohnya pada kaktus yang dapat bertahan hidup dalam kondisi kering. Bentuk adaptasinya yaitu daun tidak berbentuk lembaran seperti pada tumbuhan lain, tetapi mengalami modifikasi menjadi duri atau sisik.
·         Tumbuhan hidrofit, yaitu tumbuhan yang hidup di air. Adaptasi morfologi yang dilakukan antara lain memiliki rongga udara diantara sel-sel tubuhnya sehingga dapat mengapung.daunnya lebar dan stomata terletak pada permukaan atas. Contohnya seperti pada kangkung, eceng gondok dan teratai.
·         Tumbuhan higrofit yaitu tumbuhan yang hidup dilingkunagn lembab dan basah. Adaptasi yang dilakukan yaitu mempunyai daun yang tipis dan lebar.
B.        Seleksi Alam
Seleksi alam adalah pemilihan mahkluk hidup yang dapat hidup terus dan tidak dapat hidup terus yang dilakukan oleh lingkungan sekitar dan terjadi secara ilmiah.
1.    Faktor penyeleksi alam
·         Suhu lingkungan
·         Makanan
·         Cahaya matahari
2.    Kepunahan mahkluk hidup
Berdasarkan temuan fosil-fosil, dapat diketahui bahwa banyak jenis makhluk hidup yang thidup pada jaman dahulu tidak ditemukan lagi pada jaman sekarang. Tetapi masih ada juga yang masih bertahan hidup sampai saat ini yatu capung. Capung adalah hewan yang hidup dijaman karbon sampai sekarang. Hewan lain yang hampir mirip dengan hewan yyang telah punah adalah kadal dan komodo. Ketiga hewan tersebut adalah hewan yang tergolong dalam fosil hidup.
C.        Perkembangbiakan Makhluk Hidup
Perkembangbiakan makhluk hidup dapat dipergunakan untuk melangsungkan  kehidupan. Karena tanpa perkembangbiakan, maka makhluk hidup akan punah. Makhluk hidup yang mempunyai daya berkembangbiak rendah sangat sulit menjaga kelangsungan dan kelestarian jenisnya.
Kesimpulan
Adaptasi adalah kemampuan mahkluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya. Ada beberapa cara penyesuaian diri yang dapat dilakukan, yaitu dengan cara penyesuaian bentuk organ tubuh, penyesuaian kerja organ tubuh, dan tingkah laku dalam menanggapi perubahan lingkungan. Ada tiga  macam bentuk adaptasi, yaitu adaptasi fisiologi, adaptasi tingkah laku, adaptasi morfologi. Selain hewan, tumbuhan juga beradaptasi dengan lingkungannya melalui tubuhnya, yaitu tumbuhan xerorit, tumbuhan hidrofit, tumbuhan higrofit. Seleksi alam adalah pemilihan mahkluk hidup yang dapat hidup terus dan tidak dapat hidup terus yang dilakukan oleh lingkungan sekitar dan terjadi secara ilmiah. Faktor penyeleksi alam yaitu suhu lingkungan, makanan, cahaya matahari. Perkembangbiakan Makhluk Hidup dapat dipergunakan untuk melangsungkan  kehidupan. Karena tanpa perkembangbiakan, maka makhluk hidup akan punah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe For Email Feed

Email_SubscriptionsSign up to receive breaking news

Pages

Popular Posts